Update Terbaru, Berikut Tabel Gaji PNS 2019 Terbaru Berdasarkan Golongan dan Besar Kenaikan

BERITAPNS.COM--Kapan gaji ASN akan naik? Mungkin ini yang sering ditanyakan oleh para PNS di tanah air. Kabar baiknya, Gaji PNS 2019 telah diumumkan oleh Jokowi di hadapan para wakil rakyat, akan dinaikkan setelah 3 tahun tidak dinaikkan, tapi diganti dengan kompensasi lain berupa THR. Lalu, berapa besaran tabel gaji PNS 2019 terbaru berdasarkan golongan baik golongan 1, 2a, 2 c, 3a, 3b, 4a, dan seterusnya?

Para PNS mungkin berharap agar Struktur Gaji PNS 2019 sudah menggunakan sistem penggajian yang baru berdasarkan UU ASN.

Draft RPP tentang Sistem Penggajian PNS yang baru memang masih terus digodok dan belum selesai sehingga tabel gaji PNS 2019 masih mengikuti struktur gaji PNS yang lama.

Gaji PNS 2019 kemungkinan besar masih menggunakan sistem tabel gaji pokok, belum menerapkan aturan gaji, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan PNS.

Tunjangan PNS 2019 pun bakalan masih menggunakan nomenklatur yang sama, ada tunjangan keluarga berupa tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional, dan sebagainya.

Gaji pokok PNS 2018, masih menggunakan tabel gaji PNS 2015, karena memang tidak ada kenaikan gaji pokok dari tahun 2016 hingga tahun 2018.

Namun, gaji pokok PNS 2019 nanti bakalan berubah dari tabel gaji PNS 2015 karena ada kenaikan gaji pokok PNS sesuai dengan yang dijanjikan oleh Presiden RI.

Tabel Kenaikan Gaji PNS 2019 tentu saja sangat dinantikan oleh para abdi negara dalam rangka menghitung berapa kenaikan gaji yang bakalan diterima di tahun 2019 nanti.

Kenaikan Gaji PNS 2019 Kemungkinan Baru Dibayar Secara Rapel Pada April 2019


Seperti pengalaman kenaikan gaji PNS sebelum-sebelumnya, meskipun kenaikan gaji berlaku sejak 1 Januari, namun kenaikan gaji PNS sendiri biasaya baru dibayarkan pada bulan April-Mei.

Bahkan di masa terakhir kepemimpinan SBY, kenaikan gaji PNS baru dibayarkan pada pertengahan tahun karena lambatnya penerbitan PP tentang kenaikan gaji pokok PNS.

PP kenaikan gaji pokok PNS 2019 pun menurut Direktur Jenderal Anggaran kemungkin besar baru terbit pada bulan Maret 2018.

Dengan demikian, pembayaran kenaikan gaji pokok PNS 2019 pun kemungkinan besar baru bisa dibayarkan pada bulan April 2019.

Kenaikan gaji pokok PNS 2019 berlaku mulai 1 Januari 2019 sehingga nantinya akan ada rapel kekurangan gaji


Info lainnya, bahwa kenaikan gaji PNS tahun 2019 nanti juga kemungkinan besar tmt sejak 1 Januari 2019.

Meskipun aturan baru turun Maret 2019, kenaikan gaji pokok kemungkinan mulai berlaku sejak Januari.

Dengan demikian, di bulan April atau setelahnya, PNS akan menerima rapel kekurangan pembayaran gaji yang diterimanya.

Dan perlu diingat, kemungkinan besar gaji yang diterima belum menggunakan struktur gaji PNS terbaru ya, masih menggunakan format tabel gaji pokok PNS yang lama.

Tabel Gaji PNS 2019 Terbaru Berdasarkan Golongan, Ini Dia Besarannya

UPDATE !!
Pemerintah telah mengeluarkan PP nomor 15 tahun 2019 mengenai perubahan ke delepan belas PP nomor 7 Tahun 1977 tentang Gaji Pegawai negeri Sipil. 
Itu berarti sudah sah PNS akan Naik Gajinya.
 Lalu kapan kenaikan Gaji PNS itu akan dibayar?
Pemerintah juga sudah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 16 tahun 2019 tentang penyesuaian Gaji Pokok PNS dari PP nomor 30 tahun 2015 ke PP Nomor 15 tahun 2019.
Disana dijelaskan dalam pasal 1 ayat 1 bahwa kenaikan Gaji pokok PNS ini akan terhitung sejak Bulan Januari 2019. Itu berarti PNS akan dibayarkan rapel kenaikan Gaji PNS dari bulan Januari sampai Maret . dan dibayarkan bersama Gaji bulan April yang sudah naik.

Nah Jika penasaran berapa sih Gaji PNS yang baru setelah ada kenaikan 5% tersebut, mari simak ditabel berikut ini:

Tabel Gaji PNS Golongan I dan II

Tabel Gaji PNS Golongan III dan IV

untuk mekanisme pembayarannya sedang dirancang dan akan dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan, selamat menunggu ya rekan-rekan PNS semuanya.

Demikian informasi mengenai tabel gaji PNS 2019 setelah ada kenaikan 5% berdasarkan PP nomor 15 tahun 2019. berdasarkan golongan, semoga bermanfaat.

1 Response to "Update Terbaru, Berikut Tabel Gaji PNS 2019 Terbaru Berdasarkan Golongan dan Besar Kenaikan"