Wajib Baca !! Ini Rahasia Lulus Tes CPNS 2018

BERITAPNS.COM--Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah menjadi idaman setiap anak bangsa di negeri ini, terutama di Nusa Tenggara Barat. Sejak pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 dibuka pada 30 September hingga 15 Oktober mendatang, situs pendaftaran resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) https://sscn.bkn.go.id ramai dikunjungi.

Hingga hari Kamis (4/10) pukul 16.00 WIB, jumlah pelamar yang telah membuat akun sscn sebanyak 3.169.048 orang.
“Pelamar pilih instansi: 1.510.192 orang, Pelamar selesai daftar: 919.450 orang, Pelamar telah diverifikasi oleh instansi: 231.106 orang,” tulis akun facebook resmi BKN RI @BKNgoid, Kamis (4/10) pukul 21.36 WIB.
Nah, karena persaingan untuk dapat lulus tes dan menjadi PNS demikian ketat, mungkin Anda perlu jurus jitu untuk memenangkan persaingan.
Berikut dua jurus rahasia yang dapat diterapkan para pelamar CPNS 2018, agar bisa lulus tes dan menjadi PNS, seperti dirilis beberapa media.
Pertama, Simulasi Computer Assistance Test (CAT).
Tes pertama yang akan dijalani para peserta CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Uji Bantuan Komputer). Dimana tes ini dibagi dalam tiga bagian yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengungkapkan, rahasia khusus agar dapat lulus saat tes CPNS yakni dengan melakukan simulasi CAT di portal BKN.
“Simulasi ini dilakukan karena peserta CPNS harus lulus SKD dengan sistem CAT,” ujar Bima Haria, Kamis (4/10).
Lebih jauh Bima Haria mengatakan, untuk Tes Wawasan Kebangsaan peserta CPNS terlebih dahulu diharapkan mempelajari sejarah Indonesia.
“Jadi, tes wawasan kebangsaan ini memang harus belajar. Belajar mengenai sejarah Indonesia, rasa kebangsaan Indonesia, dan Pancasila,” ucapnya.
Tes Wawasan Kebangsaan ini menjadi penting dalam seleksi CPNS, sebab sebagai abdi negara harus dan perlu tahu tentang sejarah Indonesia.
Belajar secara mandiri lewat buku panduan atau ebook yang ada di internet dapat menjadi pilihan para CPNS. Supaya dapat belajar kapan dan dimana saja, jangan lupa bawa smartphone andalanmu kemana saja.
Kedua, Strategi Menjawab Soal
Menurut seorang Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (UNRAM) Leni Herlina, QH., S.Ag., M.Pd.I. mengungkapkan, dalam menyelesaikan soal CPNS diperlukan strategi khusus.
“Strategi menjawab soal yang bisa diterapkan para peserta tes CPNS adalah berpacu dengan waktu, karena dalam waktu 90 menit para peserta harus bisa menjawab 100 soal,” ujarnya, Sabtu (6/10), kepada kicknews.today.
Dalam penerapannya, langkah yang harus dilakukan yakni dengan menjawab soal yang dianggap paling mudah.
“Ingat, jangan terpaku pada soal yang sulit, karena itu akan menghabiskan waktu,” imbuhnya.
Adapun langkah kedua adalah dengan menyelesaikan terlebih dahulu Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Hal ini mengingat tes ini terbilang mudah, karena menggunakan nalar dan perbandingan dalam menjawab.
Setiap jawaban dalam TKP memiliki skor dari 1-5. Artinya apapun jawaban yang Anda berikan akan tetap mendapat nilai. Soal ini sebanyak 35 item dengan passing grade 143 poin, dimulai dari nomor 66-100. Pastikan Anda menjawab soal ini sebanyak 25 item dengan skor tertinggi, yakni 5 poin.
Selanjutnya, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berjumlah 35 butir soal dengan passing grade 75 poin. Setiap jawaban yang benar dalam soal ini akan mendapat skor 5 dan salah mendapat skor 0.
Anda harus memastikan dapat menjawab minimal 16 soal dengan benar. Dengan demikian Anda telah mengumpulkan 80 poin dari TWK.
Soal terakhir yang harus Anda selesaikan adalah 30 butir soal Tes Inteligensi Umum (TIU) dengan passing grade 80 poin. Dimana jawaban benar akan mendapat skor 5 dan salah 0.
Dalam TIU, hal pertama yang dinilai adalah kemampuan verbal dan kemampuan menyampaikan informasi lisan dan tulisan.
Disamping itu, ada pula soal yang akan menguji kemampuan numerik dalam melihat operasional dan hubungan di antara angka-angka.
Untuk menyelesaikan soal ini, utamakan mengerjakan soal yang Anda anggap paling mudah, seperti sinonim (padanan kata) dan antonim (lawan kata) dalam bahasa Indonesia.
Selanjutnya Anda lanjutkan untuk menyelesaikan soal cerita yang tak terlalu banyak paragrafnya, kemudian lanjut ke soal matematika.
Pada bagian ini, pastikan Anda dapat menjawab 14 soal dengan benar. Dengan demikian Anda telah mengumpulkan 70 poin.
Itulah beberapa jurus jitu yang dapat Anda terapkan dalam mengikuti tes CPNS tahun 2018 ini. Selamat berusaha dan semoga Anda menjadi yang terbaik. (Sumber:kicknews.today)

0 Response to "Wajib Baca !! Ini Rahasia Lulus Tes CPNS 2018"

Post a Comment