Wajib Tahu !! 1 Provinsi Minimal Ada 4 Lokasi Tes CAT

BERITAPNS.COM--Pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 akan segera diumumkan secara resmi oleh Kemnenterian PAN RB. Menjelang hal itu - Saat ini, pemerintah masih terus mematangkan persiapan pembukaan lowongan CPNS tersebut.
Peta Lokasi Tes CAT 2018
peta lokasi tes cpns 2018 diseluruh indonesia.


Dalam pembukaan CPNS kali ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga masih menyiapkan urusan teknis seleksi yang akan dilakukan, termasuk soal lokasi tes CPNS. Nantinya, BKN akan menggelar tes di 134 titik lokasi.

"BKN telah mengantongi 134 titik lokasi untuk kepentingan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN. Namun, dia menekankan, jumlah tersebut masih tentatif dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Lantas, di mana saja lokasinya?


Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan saat ini sebanyak 134 titik lokasi tes tersebut masih terus dibahas pihak Panitia Seleksi Nasional (Panselan) CPNS 2018. Mereka masih terus mengkaji titik-titik lokasi seleksi tersebut.

"Daftar 134 titik itu masih untuk konsumsi internal Panselnas. Kami masih terus berdiskusi dan melihat dari berbagai sisi, jarak tempuh, jarak terjauh ke lokasi calon tes, prediksi jumlah pelamar di calon titik tes, dan sebagainya. Ini masih terus didiskusikan," kata Ridwan di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Walau belum bisa merinci dengan jelas titik-titik lokasi tersebut, namun Ridwan mengatakan bahwa BKN menyediakan lokasi seleksi di setiap provinsi yang ada. Nantinya, di setiap provinsi terdapat empat lokasi tes.



"Ibu kota provinsi wajib ada. Pukul rata, 1 provinsi minimal ada 4 lokasi. Untuk lokasi yang dinilai sulit akses transportasi seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT dan lainnya, akan dibuat mekanisme lain," jelas dia.

Lebih dari itu, Ridwan memperkirakan pihak Panselnas juga akan bekerja sama dengan pihak pemerintah setempat dalam menyediakan infrastruktur yang mendukung diselenggarakannya tes CPNS 2018.

"Ada kemungkinan pula Panselnas bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota untuk dapat menyediakan infrastruktur di sekolah-sekolah yang telah menyelenggarakan UNBK," tuturnya. 

BKN memprediksi, untuk pendaftar CPNS tahun ini akan mencapai angka sekitar 10 juta calon pelamar. Hal ini tentunya bukan angka yang sedikit karena jika memang perkiraan ini benar - berarti jumlah ini akan meningkat sekitar 4x lipat dari jumlah kesuluruhan pendaftar CPNS pada tahun 2017 yang hanya mencapai angka 2.433.656 pendaftar.

Sumber:asncpns.com

0 Response to "Wajib Tahu !! 1 Provinsi Minimal Ada 4 Lokasi Tes CAT"

Post a Comment