Daftar Tabel Gaji PNS Tahun 2018 Berdasarkan Golongan I-IV

BERITAPNS.COM-- Assalamualaikum wr..wb. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Daftar gaji pns 2018 dan besarannya berdasarkan Golongan.
Tabel gaji PNS per Golongan Tahun 2018


Sebagai ganti Pemerintah yang tidak menaikan Gaji PNS dari tahun 2016 dan 2017 Pemerintah memberikan Gaji ke 14 (THR) bagi PNS aktif dan Pensiunan.

Merujuk pada  Nota keuangan  pada pembahasan Rancangan APBN tahun 2018 tidak disinggung mengenai adanya Kenaikan gaji PNS 2018, oleh karena itu beberapa Media Online memberitakan bahwa tidak ada kenaikan gaji PNS 2018 dan kembali PNS namun akan mendapat gaji 13 dan THR.

Banyak PNS yang mempertanyakan apakah pada tahun 2018 adakah kenaikan Gaji PNS?. Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan Menjelaskan bahwa Pemerintah Akan memberikan Gaji 13 dan THR sebagai ganti tidak naiknya Gaji PNS 2018.

Walaupun Pemerintah memberikan THR sebagai ganti tidak naiknya Gaji PNS, banyak pns mengeluh tingginya inflasi tidak bisa ditutupi dengan adanya THR dan Gaji 13. Oleh karena itu banyak PNS yang berharap segera menaikan Gaji PNS, kalau bila perlu tahun 2018 gaji pns harus naik. Karena pada tahun lalu pemerintah sudah mewacanakan gaji pokok PNS 2018 tertinggi 14 juta perbulan.

Bagi anda yang belum mengetahui selama ini berapa sih Daftar Gaji PNS semenjak 2018 berikut ini kami hadirkan Daftar gaji PNS 2018 per Golongan.

Daftar Gaji PNS Golongan I Tahun 2018

 Daftar Gaji PNS Golongan II Tahun 2018
 Daftar Gaji PNS Golongan III Tahun 2018
 Daftar Gaji PNS Golongan IV Tahun 2018

walaupun kenaikan Gaji pns masih belum dibawas dalam Rancangan APBN 2018 kita masih berharap ada kenaikan gaji pns 2018 yang sangat dinanti-nanti oleh rekan-rekan PNS semuanya. karena kenaikan gaji pokok pns akan berdampak pada daya beli harian PNS. karena kenaikan gaji akan tetap dinikmati PNS.

Besar harapan juga pemerintah juga segera mengeluarkan PP terbaru tentang Gaji dan tunjangan PNS sebagai turunan PP Manajemen PNS.

19 Responses to "Daftar Tabel Gaji PNS Tahun 2018 Berdasarkan Golongan I-IV"

  1. Sungguh malang Nasib PNS golongan III (PNS daerah ,bukan guru atau pegawai pusat)kebawah pasalnya gajih yg sekarang tidak banyak membantu menutupi keperluan sehari -hari,karna angka inflasi sangat tinggi ,mau kemana cari kemana lagi PNS yg seperti ini,selama pemerintahan Jokowi sepersenpun tidak ada kenaikan ,ya kalau yg pegawai yg dipusat Atau guru,Esolon 4-1 ,ini tidak jadi masalah bagi mereka kerna ada tambahan Kinerja yang cukup besar dibanding PNS Biasa yang cuma mengharap gajih to,apalagi anak-anak yg kuliah dgn gajih seperti itu bakal putus perkuliahannya ,wahai pemegang kekuasaan dengankanlah jeritan PNS kelas Bawah ,kami juga manusia yang keperluannya sama dengan saudara ,tolonglah pa jokowi naikan gajih kami,sesuaikan dengan Amanah ASN

    ReplyDelete
  2. no presiden, no partai, no, 2019 & 2020, no comment

    ReplyDelete
  3. Klau gaji kecil kenapa ya kok pada hebat2. Dari mana mereka dpt tambahan?
    Makanya banyak orang bilang gaji kecil tdk masalah yg penting pendapatan besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya, kalau PNS hdp jujur... gk ada hebatnya. Tambahan apaan ya... tambahan dr hongkong emangnya...hehehe...20 thn lebih sy jd PNS, mau kuliahin anak aja kelimpungan. Kemana lagi klw gk ke BRI. Hanya itu sandaran tiap PNS. Klw mengharapkan gaji, anak2 kami gk bakalan bisa mendapatkan pendidikan yg lebih baik.

      Delete
  4. itu tabel gaji 3 tahun yg lalu oom bro......

    ReplyDelete
  5. Tidak ada kenaikan gaji 1 Rupiah pun semuanya masih Ref Lama

    ReplyDelete
  6. Disyukuri saja kalau blm naik...
    Utang negara aja masyaallah... mungkin nanti menjelang pilpres baru ada kenaikan amin...

    ReplyDelete
  7. Semoga dengan kenaikan gaji tidak perlu yang lainnya ikut naik

    ReplyDelete
  8. Wkwkwkwk seberapa besarpun gaji anda ....
    Anda akan tetap merasa kurang ..

    Coba pikir aja .. anda bilang gaji kurang .. tp anda bisa kredit motor atau mungkin mobil ...

    Lihat di bawah anda semua banyak yang gak bisa makan ....

    anda hanya kurang bersyukur .. karena itu anda selalu merasa kekurangan ...

    ReplyDelete
  9. Pusat dan pemerintah ga adil. Ttg. Gajih ASN
    Semenjak. Era. Gila. Ini. Berkuasa dikoar2. Tunjungan kemahaalan n digede2in berita nya yg dpt. Cuma. Pns pusat daerah. Zonk
    Plagi. Daerah yg miskin...
    Pemerintah goblok bikin kebijakan lihat pusat dan. Jakarta truss.. Coba dipelosok. Sana
    Klu guru dipelosok dpt gajih 10jt/bln.pasti byk. Guru yg dipelosok
    Lah jakarta. Pelosok. Mana gaji tunjangan aj bisa tmbus 13jt...
    Edan nya negeri ini

    ReplyDelete
  10. gaji habis bayar kredit Bank & KPR.utk makan ngojek online!hahahahahha.........mantaaaaaappppppp!

    ReplyDelete
  11. Kalo UMR sebesar Rp.3.355.750,- mengapa gaji PNS gol I/a jauh dibawah itu, setengahnyapun tidah, UMR berlaku untuk siapa ????

    ReplyDelete
  12. SAYA PENSIUN PNS TGL 1 JANUARI 2013 GOL 1VB DENGAN MASA KERJA 22 THN 11 BLN GAJI PENSIUN SEBESAR RP 2.009.700 DAN SAAT INI SUDAH SEBESAR RP 2.709.400 YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA APAKAH JUMLAH GAJI INI WAJAR ATAU ADA PERHITUNGAN YANG SALAH DARI BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA? MOHON PENJELASAN DARI SAUDARA"KU YANG TAHU PERMASALAHAN SEPERTI INI....THX

    ReplyDelete
  13. Masih jauh banget dari yang diharapkan. Gk sebanding dgn beban kerja, resiko jabatan dan tuntutan2 aturan. Bahkan untuk menyekolahkan anak sampai ke jenjang perkuliahan saja, PNS gk sanggup. Apalagi kami2 yang bertugas jauh di daerah terpencil, wilayah perbatasan yg bahkan gk ada tunjangan kemahalannya. Kami yang jalani, kami yang tahu dan kami yang merasakannya. Gaji PNS sampai saat ini, belum dan masih jauh dari harapan. Bukannya gk bersyukur... bersyukur sih bersyukur, realitanya, kami hdp di perbatasan sgt jauh dari cukup meskipun sdh berhemat. Kaum perempuan yg paling tahu soal pengaturan keuangan, jd kami yg paling merasakan betapa seorang PNS dgn gaji golongan III saja untuk hdp masih jauh dr layak... meskipun bgtu, kami tetap bersyukur krn punya gaji yg dpt diharapkan setiap bulan.

    ReplyDelete
  14. Ketika diangkat menjadi PNS/ASN, biasanya ada sejumlah Surat Pernyataan yang dibuat dan dibubuhi tandatangan di atas kertas bermeterai.

    ReplyDelete