Gaji PNS 2018 Kembali Tidak Naik, Ini Alasan Pemerintah

BERITAPNS.COM-- Apakah gaji pns 2018 tidak jadi Naik?. Mana janji presiden menaikan gaji pns 2018.

Pemerintah kembali tidak menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri. Ini artinya sudah tiga tahun, PNS tidak menerima kenaikan gaji. Meskipun diganti dengan Tunjangan Hari Raya (THR).

Direktur Penyusunan APBN Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kunto W Widarto menjelaskan, kenaikan gaji maupun pemberian THR kepada PNS, nominalnya sama. PNS juga akan terbantu ketika menghadapi Lebaran.

"Sebenarnya angkanya sama, mendapatkan (kenaikan) gaji pokok dan THR," ujar Kunto di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Pemerintah juga terus memantau daya beli PNS meskipun tidak ada kenaikan, sementara di sisi lain ada inflasi. Sehingga daya beli masih bisa tetap bisa terjaga.

"Ya gaji memang tidak naik, sebenarnya kita kasih THR," terangnya.

Kebijakan ini juga mempertimbangkan beban negara atas pensiunan. Skema yang berlangsung hingga sekarang dikhawatirkan menambah beban ke depannya. Maka pada waktu bersamaan juga disusun skema baru.

"Intinya kita ingin memperbaiki pensiun. Kalau sekarang kan antara orang kerja dengan pensiun selisihnya jauh sekali. Ini kita ingin memperbaiki, tapi masih proses, sedang dibahas, mau fully funded atau bagaimana," kata Kunto.

Agar tidak menjadi beban negara, seharusnya memang PNS dan pemerintah sama-sama memberikan iuran. Pengelolanya bisa melalui pihak ketiga. Namun ini masih terus dikaji.

"Jadi pemerintah tidak membayar seluruh pay us you go, tapi mengiur," pungkasnya.
Sumber: detik.com

Demikian informasi mengenai pembacaan Nota RAPBN 2018 yang didalamnya tidak disinggung Gaji PNS 2018.

1 Response to "Gaji PNS 2018 Kembali Tidak Naik, Ini Alasan Pemerintah"

  1. kita tunggu saat pemilu 2019 kita berejuang pada partai atau pemimpin yg selalui memperjuangkan kepentingan PNS.....

    ReplyDelete