Pelamar CPNS Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Berikut Saat Pendaftaran Online CPNS

BERITAPNS.COM-- Selamat malam sobat Berita PNS yang budiman, Infomasi CPNS 2017 untuk Kemenkumham dan Mahkamah Agung sudah di umumkan secara resmi dan segera akan dibuka pendaftarannya pada 1 Agustus 2017 secara Online.

Pendaftaran Online CPNS merupakan tahap yang sagat krusial, bagaimana tidak jika terjadi kesalahan maka sobat bisa bisa tidak lulus seleksi administrasi.

Berikut adalah kesalahan kesalahan yang sering dilakukan pelamar yang barakibat gagalnya seorang calon pelamar dalam seleksi administrasi.

Background Pendidikan

Jangan sampai latar belakang pendidikan anda sebagai pelamar berbeda dengan formasi yang dibutuhkan. Misalnya formasi yang dibutuhkan suatu instansi adalah sarjana akuntansi, tapi anda adalah lulusan sarjana sastra inggris. Jangan sampai anda paksakan untuk nekat melamar jika memang formasinya tidak sesuai karena hanya akan berakibat "wassalam".

Setiap formasi CPNS yang disediakan pasti mencantumkan latar belakang pendidikan apa yang disyaratkan untuk formasi tersebut. Jika memang ada formasi untuk semua jurusan, barulah anda bisa melamar untuk formasi yang dimaksud.

Jika memang tidak ada juga formasi dengan background pendidikan yang sesuai, anda bisa mencoba melamar di formasi yang lebih rendah, misal formasi yang mensyaratkan lulusan SMA - hanya saja jika anda melamar pada formasi ini, walaupun anda memiliki ijazah diploma ataupun sarjana - anda tetap saja akan dikategorikan lulusan SMA. Tapi jangan khawatir, disaat anda lulus CPNS nanti, anda bisa ajukan ijazah diploma atau sarjana anda.

Formasi calon Diplomat dan Konsuler di Kementerian Luar Negeri adalah salah satu contoh formasi CPNS yang fleksibel. Biasanya, formasi tersebut dibuka untuk sarjana dari beragam jurusan. Antara lain hukum, sastra, politik, ekonomi, dll.

Salah Input Data Diri

Kesalahan yang sering terjadi berikutnya adalah kesalahan yang dilakukan pada saat melakukan "input data", seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, salah input NIK KTP, salah mengisi nomor ijazah, asal universitas dll.

Apa yang akan terjadi jika data yang dimasukan tidak sesuai dengan data asli pada saat verifikasi berkas?? Jawabnnya hanya satu.."ke laut". Untuk menghindari kesalahan ini, setiap pelamar diharapkan membaca secara teliti apa yang dipersyaratkan, dan menginputnya secara hati-hati.

Lupa Email/Password

Ini yang jadi masalah berikutnya. Tahun 2014 kemarin banyak sekali keluhan pelamar CPNS yang menyatakan bahwa mereka lupa email ketika melakukan pendaftaran dan atau lupa password pada saat melakukan register di website panselnas.

Apa yang terjadi jika masalah seperti ini terjadi?? Maka jawabannya "Silakan anda tunggu CPNS tahun selanjutnya" dan lakukan pendaftaran kembali.

Kesalahan kecil ini adalah salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi, maka dari itu simpanlah dan catatlah data data penting ketika anda melakukan registrasi pendaftaran cpns secara online.

Ingat !! persiapkanlah email sebelum enda melakukan pendaftaran - karena pendaftaran cpns semenjak tahun 2014 membutuhkan email dari tiap tiap calon pelamar.

Skor TOEFL

Beberapa Kementerian mensyaratkan persyaratan TOEFL sebagai salah satu persyaratan CPNS yang diumumkan. Biasanya score TOEFL yang dipersyatkan minimal 500. Namun, pada kenyataannya banyak sekali pelamar dengan skor TOEFL di bawah itu tetap nekat melamar. Jika memang demikian, apa yang terjadi dengan pelamar tersebut?? jawabannya lamaran anda masuk tempat sampah.

Jika memang skor TOEFL tidak memenuhi, jangan membuang waktu dan tenaga untuk tetap melamar. Sebaiknya, tingkatkan dulu skor TOEFL/IELTS/sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang setara.

Ingat, pendaftaran secara online adalah menggunakan sistem teknologi informatika yang tidak mengenal toleransi jika terjadi kesalahan sekecil apapun - beda halnya dengan seleksi manual yang dilakukan manusia. Jika sistem IT nya menolak, ya sudah tidak ada ampun.

Daftar Lebih Dari 1 Instansi


Pendaftaran CPNS Online hanya bisa dilakukan 1 kali saja di website pendaftaran panselnas. Setiap calon pelamar hanya memiliki satu kali kesempatan mendaftar di satu instansi saja.

Bagaimana jika pelamar melakukan pendaftaran di lebih satu instansi?
Jika pelamar nekat melakukan pendaftaran CPNS di lebih satu instansi, maka akun registrasi akan di banned panselnas atau dengan kata lain pelamar tersebut tidak bisa mengikuti tes cpns.

Dalam memilih instansi yang akan anda tuju, sebelum mendaftar pikirkanlah dahulu dampak baik buruknya. Dan yang terpenting, lihatlah kompetitornya - jika itu lebih sedikit persaingan - maka itu bisa jadi pilihan.
Sumber: asncpns.com
Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan semoga anda semua bisa menjadi ASN tahun ini sesuai impian dan cita cita yang diharapkan. silahkan dishare

0 Response to "Pelamar CPNS Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Berikut Saat Pendaftaran Online CPNS"

Post a Comment