Mengintip Kenaikan Gaji PNS Tahun 2018

BERITAPNS.COM--Adakah Kenaikan gaji PNS tahun 2018?, Pertanyaan ini masih sering kita ketik di mesin pencarian Google. Oleh karena itu admin akan menjelaskan masih adakah kemungkinan Gaji PNS naik tahun depan.

Kementerian Keuangan, dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018, belum memastikan apakah akan ada kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan. Bendahara negara saat ini masih dalam proses pengkajian.

"Nanti deh, APBN-nya belum (disepakati). Semuanya nanya-nanya, nanti jadi bengkok-bengkok," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta.

Sejauh ini, menkeu baru memastikan akan adanya gaji ke-13 pada tahun depan. Lalu adakah rencana kenaikan gaji untuk PNS tahun depan?

Jika melirik keputusan belanja anggaran pegawai pemerintah Jokowi dua tahun terakhir, menkeu memutuskan untuk tidak menaikkan gaji PNS. Namun, pemerintah memberikan gaji ke-13 dan ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR).

Nilai THR yaitu setara dengan gaji pokok, sedangkan gaji ke-13 gaji pokok ditambah tunjangan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Asman Abnur mengatakan nantinya pemberian gaji ke-13 dan ke-14 akan diberikan berdasarkan pencapaian kinerja atau penilaian selama bekerja.

"Iya tahun ini (Pemberian gaji ke-13 dan ke-14). Ada ukurannya nanti, mana akuntabilitasnya, nilainya bagus, tunjangan kinerjanya bagus. Per unit nanti, jadi tidak semuanya. Kalau yang belum bagus nilainya masih D, masih C ya enggak kita kasih. Ini jadi motivasi juga," ujar Asman di Gedung Kemen PAN-RB, Jakarta.

Menteri Asman mengatakan kinerja pegawai pada saat melakukan tanggung jawab yang diberikan merupakan penilaian pokok dalam pemberian tunjangan. Semakin bagus pelayanan publik yang dilakukan oleh badan atau lembaga, maka besar kemungkinan unit tersebut memperoleh gaji ke-13 dan ke-14.


Sumber: Merdeka.com

Nah, walaupun Menkeu masih merahasiakan ada atau tidaknya kenaikan Gaji pns tahun 2018, karena APBN 2018 masih belum disahkan, jadi masih belum putus harapan ya Bapak/Ibu PNS gaji akan naik tahun depan.

3 Responses to "Mengintip Kenaikan Gaji PNS Tahun 2018"

  1. Di tunggu info nya,semoga pak presiden bisa mensejahterakan kehidupan PNS supaya tidak korupsi,kami PNS yg jujur yg ingin hidup layak cuma mengandalkan pinjaman kredit bank,kalau gajih kami habis kami harus nyari seseran di luar menjadi buruh dgn mengabaikan tgs kami sebagai PNS,kalau gk begitu anak istri kami mau makan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu bersyukur pa..diluaran sana msh byk orang yg gak mkn anak istrinya..jgn jadikan korupsi sebagai alasan untuk naik gaji..itu sama saja sprt mengancam lho..

      Delete
    2. Selalu bersyukur pa..diluaran sana msh byk orang yg gak mkn anak istrinya..jgn jadikan korupsi sebagai alasan untuk naik gaji..itu sama saja sprt mengancam lho..

      Delete