Terbukti!!! DAU Dipotong Puluhan Ribu PNS Terancam Tidak Gajian Di Beberapa Daerah

BERITAPNS.COM- Assalamualaikum wr..wb
Salam sejahtera buat para PNS semua.
ilustrasi Gaji PNS

Informasi mengenai Pemotongan Transfer DAU oleh menteri Keuangan berdasarkan PMK No.125/PMK.07/2016 sudah di ketahui oleh Publik khususnya para PNS. Seperti diberitakan oleh beberapa Media sebelumnya bahwa Akibat adanya Pemotongan DAU ini akan berimbas pada PNS terancam tidak gajian selama 4 bulan kini telah terbukti dan beberapa daerah khawatir tidak bisa menggaji PNSnya.

Walaupun Menteri Keuangan dan Kemendikbud telah menanggapai berita tersebut dengan mengatakan bahwa pemotongan DAU tidak akan berimbas pada Gaji PNS.

“DAU kami tunda karena saya yakin itu keputusan terbaik saat ini, tidak betul-betul membebani daerah,” ujar Sri Mulyani.

Penundaan Transfer DAU dari pusat kedaerah ini akan menimpa 169 Daerah. DAU yang diterima daerah yang biasa digunakan untuk Gaji PNS Daerah jika ditunda Logikanya akan menunda gaji PNS juga.

Seperti yang terjadi pada Provinsi NTT yang masuk dalam kategori 10 besar Provinsi yang pemotongan atau penundaan DAU paling besar di indonesia.  

Pemerintah pusat memotong dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 240 miliar, hal itu membuat Pemprov NTT harus berfikir bagaiamana Agar Gaji PNS tidak tertunda.

Sekda NTT melarang pemerintah daerah mengorbankan pegawainya akibat pemotongan anggaran ini. "Tidak boleh korbankan PNS dengan tidak membayar gaji," ucapnya.

Pihaknya masih belum mendapat penjelasan mengenai alasan pemerintah pusat kenapa memotong DAU sebesar itu.

Untuk menyiasati itu, menurut dia, pemerintah melakukan pemotongan anggaran yang tidak perlu, seperti biaya perjalanan dinas dan dana rapat koordinasi. Selan itu, sejumlah proyek yang belum ditenderkan dibatalkan. "Hal itu dilakukan agar tidak mengorbankan pegawai dengan pemotongan gaji," ujarnya.

Di Kabupaten Kupang, misalnya, sebanyak 6.400 lebih PNS terancam tidak gajian selama empat bulan ke depan, mulai September hingga Desember 2016, akibat pemotongan DAU. Daerah itu mendapat pemotongan DAU sebesar Rp 25,4 miliar.
Tidak hanya menimpa Provinsi NTT saja namun masih banyak Daerah lain yang harus memutar otak agar supaya Gaji PNS tidak Jadi di Potong sebagai akibat Pemotongan DAU oleh Kemenkeu ini.

0 Response to "Terbukti!!! DAU Dipotong Puluhan Ribu PNS Terancam Tidak Gajian Di Beberapa Daerah"

Post a Comment