Menteri Asman: Insyallah Satu Minggu Lagi Saya Umumkan Penerimaan CPNS Jalur Umum

BERITAPNS.COM-- Penerimaan CPNS jalur umum akan segera di umumkan  pada bulan Oktober mendatang, walaupun Kuota yang dibuka sedikit pemerintah akan tetap Membuka CPNS jalur umum baik itu  CPNS daerah dan CPNS pusat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengatakan, pihaknya sudah menyisir 500 kabupaten/kota dengan melihat belanja pegawai.
Menpan Rb 

 CPNS jalur Umum akan dibuka untuk Daerah yang Belanja Pegawainya dibawah 50 Persen?

Dari hasil penyisiran tersebut, sebanyak 224 kab/kota belanja APBD-nya di atas 50 persen.
"Idealnya belanja pegawainya di bawah 50 persen.‎ Karena banyak yang di atas 50 persen, harusnya tidak diberi formasi. Namun, karena di antara daerah tersebut ada yang ditempatkan bidan PTT, guru garis depan, penyuluh pertanian, penegak hukum, akhirnya sebagai diberi formasi," kata Asman di sela-sela media gathering KemenPAN-RB, Kamis (29/9).

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja menambahkan, bidan PTT, guru garis depan, penegak hukum, dan penyuluh akan ditempatkan ke 433 daerah. Jadi Bukan hanya Pusat daerah pun akan mendapatkan Formasi CPNS Namun Kuotanya belum ditentukan.

Kapan CPNS jalur Umum akan di Publikasikan?

Mengenai kapan CPNS jalur Umum akan di Publikasi ke masyarakat Menteri Asman menyebutkan jumlah kuota CPNS masih belum dipastikan sekarang, tunggu pekan depan lah". Lebih lanjut dia menjelaskan  bahwa CPNS akan diumumkan pada Bulan Oktober ini.

"Memang ada rekrutmen, tapi kuotanya berapa saya belum tahu karena harus menunggu persetujuan presiden dan wakil presiden," kata Menteri Pendaya‎gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur dalam media gathering KemenPAN-RB, Kamis (29/9).

Dia menyebutkan, pengadaan pegawai baru disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi.‎ Selain itu diperhitungkan dengan jumlah pensiun PNS.

"Setiap hari ada PNS yang meninggal, pensiun. Kalau setahun jumlah pensiunnya sekira 100 ribu orang. Nah, itu kami kalkulasikan dan dihitung betul berapa sebenaranya kebutuhan instansi. Jumlah kebutuhan PNS sudah kami usulkan, tapi saya belum bisa pastikan sebelum ada persetujuan presiden/wapres," paparnya.

Saat ini jumlah PNS di Indonesia 4,5 juta orang. Sedangkan jumlah pensiun per tahunnya 100 ribu sampai 125 ribu orang

0 Response to "Menteri Asman: Insyallah Satu Minggu Lagi Saya Umumkan Penerimaan CPNS Jalur Umum"

Post a Comment