THR PNS Cair Hari Ini, Yang Belum Dapat Ini Penyebabnya

BERITAPNS.COM- Gaji ke-14 (THR) bagi PNS menurut PMK Nomor 97 tahun 2016 akan dicairkan mulai hari ini. namun tidak semua daerah mendapatkan THRnya hari ini, Kenapa?.

Menteri Keuangan sudah menjelaskan bahwa Pencairan THR ini akan dilakukan secara bertahap mulai hari Kamis tanggal 23 Juni 2016. Jadi bagi sobat PNS yang belum mendapatkannya hari ini akan kami jelaskan dibawah ini penyebabnya.

Peraturan Menteri Tentang Pencairan THR bagi PNS, Polri dan TNI
ementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menerbitkan empat Peraturan Menteri Keuangan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13. Dengan keluarnya aturan tersebut, pemerintah secara resmi mulai mencairkan THR atau gaji ke-14 dan sebagian dari gaji ke-13 pada hari ini (23/6/2016) secara bertahap.
Dari laman resmi Kemenkeu, Kamis (23/6/2016), PMK yang mengatur pembayaran THRadalah PMK Nomor 97/PMK.05/2016 dan Nomor 99/PMK.05/2016. Sementara untuk gaji ke-13 merujuk pada PMK 96/PMK.06/2016 dan PMK 98/PMK.05/2016.
PMK Nomor 97 mengatur tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR kepada PNS, Prajurit TNI, Polri, dan pejabat negara seperti Presiden dan Wakil Presiden, MPR, DPR, Mahkamah Agung, Badan Pemeriksa Keuangan, Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Yudisial, DPD, Kepala Perwakilan RI sebagai Duta Besar, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota serta wakilnya, dan pejabat negara lainnya.
Dalam Pasal 3, THR bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan pejabat negara diberikan sebesar gaji pokok pada bulan Juni 2016. Anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Di Pasal 10 menjelaskan, THR untuk PNS yang bekerja pada Pemerintah Pusat, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan pejabat negara, dibayarkan pada Juni 2016.
Aturan terdiri dari 6 Bab 18 Pasal ini ditetapkan di Jakarta pada 20 Juni 2016 oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Serta diundangkan di tanggal dan lokasi yang sama oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Widodo Ekatjahjana.
Sementara itu, PMK Nomor 96 mengatur tentang Juknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun atau Tunjangan ke-13 PNS, TNI, Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun atau tunjangan.
Lalu kenapa masih ada yang belum menerima sampai hari ini? berikut penjelasannya
Namun, sejumlah PNS belum menerima THR dan sebagian gaji ke-13 seperti yang dijanjikan pemerintah. Salah satunya dialami Reza, PNS Kemenkeu. "Padahal saya sudah berharap, tadi pagi ngecek, tahunya belum ada di rekening," kata dia.
Saat dikonfirmasi kepada pihak Kemenkeu, Kepala Pusat Analisis Harmonisasi Kebijakan Kemenkeu, Luky Alfirman mengungkapkan,
pembayaran THR dan sebagian gaji ke-13 tergantung masing-masing satuan kerja (satker) sehingga ada PNS yang menerima THR hari ini atau beberapa hari kemudian.

"Pembayaran tergantung satker untuk mengajukan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) terkait. Kalau unitnya belum mengajukan, ya belum dibayarkan (hari ini)," tegasnya.
Diakui Luky, satker pasti akan mengajukan pencairan THR segera. Dia memprediksi dalam satu atau dua hari ini. "Satker pasti akan mengajukan, mungkin bedanya sehari atau dua hari saja. Pokoknya kalau satker mengajukan ke KPPN, kita siap membayarkan," terangnya.
Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan pemerintah akan memberikan gaji ke-14 atau THR serta gaji pokok gaji ke-13 kepada PNS mulai Kamis ini.
"Intinya mulai Kamis, secara bertahap sudah dapat dilakukan pembayaran gaji 13 dan THR," ucap dia.
Sumber: liputan6.com
Demikian penjelasan panjang lebar mengenai PNS yang masih belum menerima THRnya sampai hari ini, sudah tidak bertanya-tanya lagi kan.

2 Responses to "THR PNS Cair Hari Ini, Yang Belum Dapat Ini Penyebabnya"

  1. Untuk apa proyek infrastruktur uangnya pinjam negera lain, beban hutangnya bagi masyarakat Indonesia, tunjangan 50% sudah diputuskan tidak bisa membayar masyarakat kecil yang telah mengabdi, mana tanggung jawab seorang pemimpin yang telah berucap akan janji

    ReplyDelete
  2. Lebih ngeri lagi janji buat pensiunan dibatalkan begitu saja. Yang ngomong ada thr untuk pensiunan adala hseorang menteri, banyak sudah pensiunan yang makin terjerat hutang dan bingung mengembalikannya. Apakah janji pemimpin negeri ini sudah mencla mencle dari awal menjabat...

    ReplyDelete