Pengumuman!!! Rekrutmen CPNS Siap Dilakukan Juli 2016, Ini Kriteria Pelamar CPNS Dibutuhkan

BERITAPNS.COM-Assalamualaikum wr..wb
Salams sejahtera buat sobat Beritapns.com dimanapun berada.

Pemerintah Siap melakukan Perekrutan CPNS untuk Beberapa formasi tertentu dengan jumlah yang walaupun tidak banyak tapi paling tidak membantu Sobat yang sedang setia menanti CPNS dibuka. Oleh karena itu kami menghadirkan informasi mengenai perekrutan CPNS 2016 Dengan formasi yang disiapkan pemerintah berdasarkan program Nawacita.


81 ribu lowongan bagi pelamar CPNS tersedia untuk tahun 2016 ini. Demikian paparan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Yuddy Chrisnandi. 
Perekrutan CPNS ini ditujukan untuk bidang-bidang tertentu, seperti tenaga kesehatan, pendidikan, ahli teknologi hingga tenaga lapas (lembaga pemasyarakatan).

Menteri PAN RB, Yuddy Chrisnandi mengatakan, formasi kebutuhan PNS yang disodorkan Kementerian/Lembaga mencapai 150 ribu orang. Namun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanya menyanggupi 81 ribu orang untuk jatah penerimaan CPNS 2016 karena berbagai alasan.
Selain itu dari 81 ribu lowongan CPNS tersebut tersedia kuota 10.000 orang dari jalur pelamar umum. Tes CPNS 2016 kali ini dijamin akan ketat mengingat ada syarat kriteria yang harus terpenuhi calon pelamar umu di luar sekolah kedinasan dan kesehatan, untuk menjadi prioritas dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016.
Yang pertama adalah syarat minimal IPK 3,75 dan lulus dari perguruan tinggi terakreditasi A. "Tidak boleh asal-asalan, karena program studinya sudah yang sudah mendapatkan sertifikat untuk melamar jadi CPNS di kategori pelamar umum. Kita akan cari dan akan diumumkan," jelasnya.
Selanjutnya Yuddy merinci, pemerintah mengutamakan penerimaan CPNS bagi putra putri terbaik di sekolah ikatan dinas pemerintah sebanyak 11 ribu orang. Selanjutnya kebutuhan penerimaan CPNS di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, bidan mencapai 43 ribu orang.
Selanjutnya untuk penerimaan CPNS guru yang menyandang gelar Sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan) mencapai 3.000 orang, serta pengangkatan guru honorer menjadi PNS di garis depan sekitar 2.000 orang. Kriterianya untuk pengangkatan PNS bagi guru honorer adalah memenuhi syarat administratif yang ada di undang-undang dan berada di pulau terkecil dan terluar.
"Guru sedang diinventarisir kebutuhannya untuk daerah tertinggal, daerah pedalaman, pulau-pulau terluar dan terdepan yang masih kosong. Karena data dari Kemendikbud, terjadi surplus guru lebih dari 125 ribu, tapi distribusi tidak merata. Jadi masih ada kekosongan di beberapa daerah," jelas Yuddy.
Sementara sisanya 22 ribu kursi penerimaan CPNS, sambungnya, akan dibagi-bagi untuk instansi atau bidang yang sangat membutuhkan, seperti LIPI, BATAN, penyuluh pertanian. Dia mengatakan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman sudah meminta 18 ribu orang, serta Kementerian Hukum dan HAM yang meminta jatah 21 ribu orang.
Yuddy menambahkan, pengumuman pendaftaran CPNS akan dilakukan pada bulan Juli 2016, dilanjutkan dengan proses rekrutmen pada bulan Agustus 2016. Sehingga pada bulan Oktober dan November bisa langsung dilihat siapa saja yang lolos menjadi PNS tahun 2016. 
Demikian informasi rekruitment CPNS 2016 yang akan dibuka pemerintah tahun ini

0 Response to "Pengumuman!!! Rekrutmen CPNS Siap Dilakukan Juli 2016, Ini Kriteria Pelamar CPNS Dibutuhkan"

Post a Comment