CAAAIIIRR..PNS, POLRI, DAN TNI SEGERA TERIMA GAJI KE 13 DAN 14, INI JADWAL DAN BESARANNYA


ALhamdulillah dalam waktu dekat PNS akan segera terima Gaji ke-14 (THR) PNS pada bulan ini, Kemenkeu memperkirakan Gaji ke-14 akan segera Cair pada Minggu ke 2 Bulan Juni ini. Sedangkan Gaji ke-13 akan cair pada awal Juli.

“THR PNS rencananya akan diberikan terlebih dahullu yakni bulan ini kepada seluruh PNS, TNI, Polri, penerima pensiun, penerima tunjangan, kepala daerah hingga menteri. Kemudian setelah itu gaji ke-13 baru akan diberikan bulan Juli,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja di Jakarta.











iLUSTRASI GAJI KE-14
Nah untuk Gaji ke-13 yang diperuntukkan untuk Penerimaan Siswa baru yang akan dilakukan pada bulan juli maka Gaji ke-13 PNS akan cair pada Bulan Juli. Diperkirakan awal juli sudah cair.

Lalu bagaimana dengan besaran Gaji Ke-14 dan ke-13 PNS?

"Kalau gaji ke-13, itu dibayarkan komponennya ada gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain. Sederhananya ya, gaji plus tunjangan penuh yang dia (PNS) dapat setiap bulan," ujar Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian PAN RB, Hidayah Azmi Nasution.

Sementara untuk gaji ke-14, kata Azmi, ketentuannya berbeda dengan gaji ke-13. Hal ini menurut dia, disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur soal ketetapan gaji dan tunjangan PNS.

"Untuk gaji ke-14 sebesar satu kali gaji pokok. Gaji pokoknya saja. Jadi berbeda dengan gaji ke-13. Itu sudah ketentuan di Undang-Undang ASN (Aparatur Sipil Negara)," tutur dia.

Apakah Pensiunan PNS, Polri, dan TNI juga terima THR?

Para pensiunan harap tenang karena anda akan dikasih THR dari pemeritah juga kok, Nah kalo dikasih berapa besarannya? Pertanyaan itu kembali muncul.

"Gaji ke-14 adalah pengganti kenaikan gaji berkala PNS, rencananya akan diberikan sebelum Lebaran, sebesar gaji pokok. Yang akan menerima PNS dan pensiunan," ujar Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Herman Suryatman.

Namun, dia menambahkan, untuk pensiunan hanya akan menerima gaji ke-14 setengah dari gaji pokok yang diterima. Lumayanlah untuk menambah uang buat beli kebutuhan Lebaran walaupun cuman setengah gaji buat para pensiunan

Nah bagaimana Bapak/Ibu PNS sudah punya ancang-ancang kemana THR dan gaji ke-13 ini akan dibelanjakan?

semoga saja dengan adanya THR bagi PNS dan gaji ke-13 ini akan mendongkrak daya beli anda Bapak/Ibu PNS disaat harga barang semakin melambung ini.
(Baca juga: PNS Menanti Tahun 2018, Gaji PNS Direncanakan 14 Juta Perbulannya)

22 Responses to "CAAAIIIRR..PNS, POLRI, DAN TNI SEGERA TERIMA GAJI KE 13 DAN 14, INI JADWAL DAN BESARANNYA"

  1. Kalo yang udah pensiun nggak dapat THR ya ?
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapatlah kan sudah ada penjelasan diatas

      Delete
    2. dapat kok....setengah gaji pokok...

      Delete
  2. dapatlah... kan ada penjelasannya diatas, cuma hanya setengahnya dari gaji pokok..

    ReplyDelete
  3. dapetlah... kan ada penjelasannya diatas, cuma hanya setengah dr gaji pokok...

    ReplyDelete
  4. artinya yang diterima hanya setengah sj, krn tunjangan dll gak termasuk komponen THR... ya Alhamdulillah, diterima dengan syukur.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga setengah ya mba, tapi hanya gaji pokok. Kisaran gaji pokok tergantung golongan tanpa tunjangan anak istri juga. Kalau golongan 3, sekitar 1jt sekian lah

      Delete
  5. lah rakyat kecil yg susah payah cari sesuap nasi dpt apa..? negara bobrok !! berita gaji aja di publikasikan liat aja bentar lg smua harga2 kan melambung..kasian rakyat miskin

    ReplyDelete
  6. Saya sebenarnya berterimakasih pada pemerintah yg memeberikan gaji ke 13 dan 14, tapi saya juga prehatin karna hagra barang akan melambung naik yg pada akhirnya gaji ke 13 dan 14 yg di berikan tidak bisa menutupi besarnya kenaikkan harga, dan pemerintah akan galau karna tidak bisa meredam kenaikan harga,jadinya semuanya itu akan menjadi nol ( 0- ) bahkan akan menimbulkan gejala inflasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi seharusnya menurut Bapak, Pemerintah seharusnya tidak membayar Gaji ke-14 ini

      Delete
  7. Pensiunan tapi msh membiayai anak sekolah, apakah dpt gaji ke 13

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul alhamdulillah para pensiun dapat terbantukan walaupun dapat setegah dari PNS yang aktif

      Delete
  8. Pikirin juga dong nasib para honorer

    ReplyDelete
  9. jadi pencairannya tanggal berapa ?

    ReplyDelete
  10. sebegitukah gaji mreka? seandainya, anggran gaji 14 itu diberikan kepada pejuang guru honorer, betapa bahagia puluhan ribu guru kita, tak semstinya anggaran itu dihamburkan kepada mereka yg sudah terlalu mampu hidup layak

    ReplyDelete
  11. PNS yg mengajar di Madrasah Swasta dapet ga yaa...

    ReplyDelete
  12. Pak junijuned.... keterangan yg saya peroleh.... PNS yg mengajar di madrasah swasta tidak dapat THR ... yg katanya penganti kenaikan gaji berkala... kok ada diskriminasi begitu ya???

    ReplyDelete
  13. Bagaimana dgn pensiunan TNI? Apakah dapat gaji 13

    ReplyDelete