Buruan Daftar!!! Kemendikbud Buka Rekrutmen CPNS Besar-besaran, Ini Syarat dan Formasinya

BERITAPNS.COM- Lowongan CPNS 2016 Kemendikbud- Silahkan Bagi anda yang mau diangkat jadi CPNS Kemendikbud segera ikuti Program berikut dari kemendikbud

Program CPNS Kemendikbud 2016

Adapun Program CPNS Kemendikbud 2016 yang dibuka adalah:
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kesempatan berkarir di dunia pendidikan dengan bergabung sebagai :
Guru SM-3T Pendidikan Menengah
Persyaratan :

  1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP / SIM yang masih berlaku.
  2. Sarjana dari program studi kependidikan minimal S-1 lulusan tiga tahun terakhir (2014, 2015, 2016) dari program studi terakreditasi minimal B yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran dan atau bidang keahlian yang dibutuhkan; pas foto berwarna, soft copy ijazah dan transkrip nilai di up load bersama borang pendaftaran dari sistem informasi yang ada.
  3. Usia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2016.
  4. IPK minimal 3,00; dibuktikan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi).
  5. Berbadan sehat; dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari klinik terdaftar / Puskesmas.
  6. Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza)dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) serta Miras dari pejabat yang berwenang.
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta.
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah.
  9. Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya, dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Pada saat wawancara peserta juga diminta membawa contoh RPP yang dibuat sendiri (berdasar topik tertentu yang dipilih). Khusus lulusan tahun 2016 yang belum memiliki ijazah, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah dan transkrip nilai asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.
Program Studi yang dibutuhkan :
  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Sejarah
  3. Pendidikan Ekonomi
  4. Pendidikan Geografi
  5. Pendidikan IPS
  6. Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  7. Pendidikan Bahasa Indonesia
  8. Pendidikan Bahasa Inggris
  9. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  10. Pendidikan Biologi
  11. Pendidikan Matematika
  12. Pendidikan Fisika
  13. Pendidikan Kimia
  14. Pendidikan IPA
  15. Pendidikan Teknik Bangunan
  16. Pendidikan Teknik Mesin
  17. Pendidikan Teknik Otomotif
  18. Pendidikan Teknik Elektro/Ketenagalistrikan
  19. Pendidikan Teknik Elektronika
  20. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga
  21. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana
  22. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias
  23. Pendidikan Luar Biasa
  24. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  25. Pendidikan Guru Anak Usia Dini
  26. Bimbingan dan Konseling
  27. Pendidikan Seni Budaya (Drama, Tari, Musik)
  28. Pendidikan Seni Rupa                 
 Tata Cara Pendaftaran CPNS Kemendikbud

Bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan, silakan melakukan pendaftaran secara online melalui laman resmi SM3T berikut ini ini :http://seleksi.dikti.go.id/sm3t
Catatan :.
  • Rekrutmen Guru SM3T ini tidak dipungut biaya.
  • Setelah lulus program SM3T, peserta berpeluang besar menjadi CPN

Dapatkan Informasi CPNS Lainya dari website kami dengan mendownload Aplikasi Android di Playstore==> https://play.google.com/BERITAPNS.COM
Demikian Informasi mengenai Rekrutan CPNS Kemendikbud 2016 yang kami lansir dari naumira.com semoga informasi ini bermanfaat Bagi Guru yang mau segera menjadi CPNS Kemendikbud.

83 Responses to "Buruan Daftar!!! Kemendikbud Buka Rekrutmen CPNS Besar-besaran, Ini Syarat dan Formasinya"

  1. Batas usinya 27 tahun? Hadeehh bgmna dgn honorer yg sdh lama dgn usia d atas 30tahun? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu program yang lain,, memang program SM-3T ini untuk para sarjana muda keguruan yang mau cepat jadi Guru dan CPNS

      Delete
  2. Assalamualaikum, kalau kami yang berijazah PGMI Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang secara kualifikasi sama dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Apakah bisa di ajukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa asalkan memenuhi persyaratan di atas

      Delete
    2. klik link dibawah ini, kemudian pilih daerah anda dan universitas tempat lulusnya
      http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/?tf=a9a9Cvc2TdYuZtr82cdBEHa2QNdw4JKhAW0j7fyYmI8=

      Delete
  3. Cuman buat pendidikan aja ya

    ReplyDelete
  4. Harusnya tidak ada batasan usia...yang penting dia mampu dan sanggup mengikuti peraturan yang ada kenapa tidak...mudah2an bisa ditinjau ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika dsna gak ada psr,,n utk makan harus jln sgt jauh atau hrs mnybrang sungai dan mndaki gunung,,apakah anda sanggup?? mgkn kalo utk 3hr atau 1 minggu prtama anda sanggup,,tp slanjutnya??

      Delete
  5. Harusnya tidak ada batasan usia...yang penting dia mampu dan sanggup mengikuti peraturan yang ada kenapa tidak...mudah2an bisa ditinjau ulang

    ReplyDelete
  6. abah, pami setatus na janda boleh tu daptar

    ReplyDelete
  7. kalau setatusny janda ataw duda bisa daftar tidak, atau barangkali gadis rasa janda bis kagak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum memenuhi persyaratan tidak Boleh

      Delete
  8. kalau Pendidikan Agama Islam sih tidak ada yah....

    ReplyDelete
  9. Apa untuk sarjana muda yang belum menikah saja ?
    terus bagi yg sudah menikah ada nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena peryaratannya hanya yang belum menikah jadi dengan terpaksa kami katakan tidak bisa kalo belum menikah

      Delete
  10. Ada jalur lain ga selain SM3T? Umum atau yang lain? Mohon infonya min apa aja yang diperlukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sementara kami belum mendapat informasi, kalo ada pasti dipublish di Web ini, selalu pantangin blog ini ya terima kasih, atau like fanspage kami untuk update berita setiap harinya

      Delete
  11. Replies
    1. biar lebih jelas coba cek dibawah ini
      http://www.sekolahdasar.net/2016/06/ingin-jadi-guru-ikuti-program-sm-3t.html

      Delete
  12. Bgmna dgn lulusan thn 2013?? Masih bisahkah?? Saya berijazah S1 pendidikan bhs inggris yg sdh ada akta mengajar.. apakah msh ada ksmpatan utk daftar sm3t

    ReplyDelete
  13. Emg sengaja biar gak ada pengangkatan PNS makanya dibuat program kayak gtu.

    ReplyDelete
  14. Emg sengaja biar gak ada pengangkatan PNS makanya dibuat kayak gtu. Kalo emg butuh guru knpa gak membuka lowongan guru PNS di daerah tersebut?

    ReplyDelete
  15. Kenapa persyaratannya belum nikah.??klo udah nikah emang masalah ya.??ini yg buat makin banyak pengangguran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalo belum nikah lebih leluasa karena kalo ditempatkan didaerah tidak terbentur dengan keluarga khususnya anak dan istri kan harus ikut pindah jadi ribet

      Delete
  16. Untuk yg sudah menikah tapi umur masih muda dan sudah sarjana knp tidak bisa ?

    ReplyDelete
  17. Dan saya yg lulus th 2011 hanya bisa gigit jari

    ReplyDelete
  18. kalo yg sudah menikah tak bise ikut ke pak menteri ,,kami sudah lama menghonorkan diri dskolah...sampai sudah menikah dan mempunyai anak

    ReplyDelete
  19. Btw, SM-3T tuh apa y? Saya benar2 tdk tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T).
      Jadi kalo mau jadi Guru PNS harus melalui program ini biar cepat diangkat

      Delete
    2. deh pilih kasih padahal bxk yg ikut.

      Delete
  20. kenapa susah sekali mau daftar? gimana caranya? mohon bantuannya Admin,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.sekolahdasar.net/2016/06/ingin-jadi-guru-ikuti-program-sm-3t.html

      cek di link diatas ada cara daftarnya sangat lengkap dengan tutorialnya

      Delete
  21. Pendidikan Agama Islam ko gaka ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agama islam masih belum ada, mengenai kenapa kami masih belum ada informasi mengenai itu, mohon maaf

      Delete
  22. assalamualaikum..min, mau tanya, kok kampus saya di jawa timur tidak terdaftar ya? saya cari SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI tak ada.atau mungkin terdaftar dg nama lain? tapi saya cari tak ada. mohon solusinya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kampusnya tidak termasuk dalam program ini, mohon dikonformasi ke kampus masing-masing agar lebih jelas, soalnya ini program kemendikbud (dalam hal ini DIkti)

      Delete
  23. kalau saya dari jurusan s1 bahasa inggris (bukan pendidikan bahasa inggris) tetap tidak bisa ya? saya umur masih 23 dan saya mencakupi semua kriteria di atas terkecuali yang mau saya tanyakan ini... bisa tidak s1 bahasa inggris yang bukan pendidikannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu Jwb admin, stau sya dr pengalaman sya, untuk rekrutmen Guru PNS baik yg mengeluarkan lowongan kemendikbud ataupun Pemerintah kota/kabupaten/provinsi hny dr sarjana pendidikan.
      Saran saya sbr aja, untuk lulusan sarjana murni biasanya nanti untuk formasi non kependidikan atau tenaga teknis

      Delete
  24. Kenapa harus ikut sm3T... Kenapa?

    ReplyDelete
  25. kenapa ya susah daftar di from ny .. padahal sudah benar nim sama ttl nya mohon info nya

    ReplyDelete
  26. kenapa di from pendaftaran ko susah mask padahal sudah benar nim dengan ttl nya

    ReplyDelete
  27. kalo IPK di PTN di bawah 3,00 gimana? masak gk ada bedanya IPK PTN dengan PTS

    ReplyDelete
  28. INI TGL DAN BULANNYA BENAR TIDAK, KO TIDAK ADA DIBERITA TELEVISI TENTANG DIBUKANYA CPNS YG ADA HANYA DISOSMED, MAF MW TANYA INI BNAR TIDAK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibaca lagi keterangannya mbakk,, budayakan membaca

      Delete
  29. Maju Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa itulah sm3t smoga angkatan VI tahun ini bisa memberikan yg terbaik khususnya bagi anak-anak bangsa d daerah 3t

    ReplyDelete
  30. Klw untuk D3 Akuntansi Apa msh ada Peluang Untuk CPNS....

    ReplyDelete
  31. Lulusan 2012 tidak bisa ya pak?
    Jadi kalau lulusan yang sudah di atas 3 tahun bagaimana mau ikut cpns nya?

    ReplyDelete
  32. Lulusan 2012 tidak bisa ya pak?
    Jadi kalau lulusan yang sudah di atas 3 tahun bagaimana mau ikut cpns nya?

    ReplyDelete
  33. Untuk tamatan di atas 3 tahun bagaimana ikut CPNS nya pak?????

    ReplyDelete
  34. kasian donk dg guru2 honorer g slama ini mengabdi di daerah2 3T,, ada yg ga dapat gaji sama sekali,, ngabdi puluhan tahun. tp ini yg di butuhkan malah yang berusia dini. hmmmm,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang namanya mengabdi tidak boleh mengeluh bu, harus ikhlas dengan semuanya & banyak" bersyukur.

      Delete
    2. yang namanya mengabdi tidak boleh mengeluh bu, harus ikhlas dengan semuanya & banyak" bersyukur.

      Delete
  35. ga jelas.... ingat yg bibit baru.. gmn nasib mereka yang mati2an mencerdaskan anak bangsa di pelosok daerah,, yang hampir kebutuhan sehari-hari tidak tercukupi. apa ini balas jasa buat mereka?????

    ReplyDelete
  36. yang honor lamo tu diangakat ,dio sudah lamo mengabdi sampe bepuluh2 tahun masih juga pegawai honor , dimana hatimu whai pemerintah indonesi, ni malah buka tes cpns , terus malah yang pegawai honornya mw di rekrut , selesaikan dulu yg honor2 lamo tu, lepas tu baru buka tes cpns , gitulah pak cik. 😁😁😁😁

    ReplyDelete
  37. Batas umur 27 thn trs yg blm nikah ?
    dilarang nikah slama ikut program sm-3t. Cwok sih mnding lah cwek disruh jd perawan tua. Aneh2 ajah persyaratannya. Diskriminasi bgt.

    ReplyDelete
  38. saya kira ini cuma akal2an org pusat supaya guru di jawa ga nganggur!!harusnya pembukaan dkhususkan untuk pelamar di daerah2 yg memang berada di perbatasan melalui syarat yg umum. kasian dgn para guru honorer yg udah puluhan tahun mengabdi di daerah tsb, tapi ga diangkat menjadi pns..
    knapa sya bilang khusus guru di jawa, krna masih banyak fakultas2 ilmu pendidikan di luar jawa yg akreditasinya C ke bawah.

    ReplyDelete
  39. Bagaimana jika program studi masih terakreditasi C, kan perlu kesempatan jug

    ReplyDelete
  40. Kalau akreditasi prodinya C bgaimana tdk memenuhi persyaratan,kan perlu ksempatan juga

    ReplyDelete
  41. mengapa tidak diberi kesempatan program pendidikan seni rupa, musik, tari...?

    ReplyDelete
  42. selamat buat anda yang masih punya kesempatan. jangan sia2kan peluang..tidak seperti saya hanya bisa menunggu,menunggu dan menunggu...kalo memang rezeki di PNS maka akan disitu lah jalannya tetap jika tidak maka Ijasah dan Akta IV cukup hanya menjadi penghias dinding kamar mandi...

    ReplyDelete
  43. kenapa program studinya dibatasi cuma 24 aja? bagaimana yang program studi lainnya yang ingin mengikuti SM3T? banyak lulusan s1 yang ingin mengikuti SM3T namun terhalang oleh program studi yang dibutuhkan.. Pendidikan Administrasi Perkantoran misalnya.. tolong program studinya diperbanyak lagi.. jangan dibatasi yang dibutuhkan aja.. kami juga ingin mencerdaskan anak bangsa..

    ReplyDelete
  44. Ada tidak untuk guru anak usia dini?

    ReplyDelete
  45. Weleh, umur ada btasnya, thun llusan pun bgtu, yang paling wow yang udah nikah gigit jari...smoga kdepannya lbih baik aja lah

    ReplyDelete
  46. maaf min, mau tanya
    inilah progam untuk sanjana muda ya, lha sedangkan di luar sana khususnya di daerah" 3T juga sudah banyak lulusan maupun yang sudah mendapatkan gelar S1, dan juga banyak guru honorer yang sudah mengabdikan dirinya untuk membangun desanya sendiri.. kenapa tidak mereka saja yang di angkat menjadi PNS, justru karena mereka berasal dari daerah itu sendirilah yang paham mengenai kultur maupun situasi yang ada di sana. mereka juga sudah susah" menyenyam pendidikan sampai sarjana. kenapa tidak diberdayakan, ataukan progam ini mempunya tujuan tersendiri, ataupun ada tugas tersendiri bagi pendidik SM3T selain dari mengajar, semisal harus meneliti apa itu di daerah 3T.. mohon penjelasannya, sebetulnya saya juga ingin sekali ikut progam ini, saya juga berkeinginan untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya...

    ReplyDelete
  47. Jurusan Ilmu Perpustakaan ko tidak ada sii ???

    ReplyDelete
  48. Kapan tepatnya dan di daftarkan kemana?

    ReplyDelete
  49. deh pilih kasih ya padhal bxk org yg mau ikut knp hrus lulusan 3 thn terakhir dan batas umur 27, knp tdk batas umur 35 thn kh?

    ReplyDelete
  50. untuk pendidikan agama islam gak ada y?

    ReplyDelete
  51. Saya, sarjana pendidikan bahasa inggris, umur 21 tahun. Dan sudah menikah. Apaka boleh mendaftar?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  52. Untuk lulusan pendidikan bahasa asing (prancis, jepang, mandarin) tidak adakah?

    ReplyDelete
  53. bagus sbnrnya program pmrnth ini,,mmbutuhkan guru yg msh muda dan blm mnkh,,krn namanya aja utk daerah pelosok yg paling luar dan trpncil,,pasti kita bs mmbygkan bgaimana sulitnya hdp dsna,,air,,lampu dan transportasi dll. bgaimana jika tdk ada pasar dan harus mndaki gunung,,turun sungai utk mncri makan,,apa yg tua msh sanggup tenaganya?? trs dtmbh lgi gak da signal,,gak bsa tlp/sms,,bgi yg udh mnikah tntu gak bsa brhub ma anak n suami/istri.. mikir...
    inilah mgkn alasn pmrnth mmbatasi usia dan status blm mnikah utk syrt mnjd ggd. thx

    ReplyDelete
  54. nmanya aja daerah trpncil,,trluar ya mgkn agak sulit keadaan dsna mulai dr air,lampu,transportasi. bsa jd dsna gak da pasar atau pasarnya jauh jd harus brjln trlalu jauh dan mgkn jg hrs naik gunung n lwt sungai,,apa yg tua2 msh sanggup?? trs jg mgkn signal dsna gak dpt atau jlk,,lah yg udh mnkh pati gak bsa hub anak dan suami/istri kan??apa gak kangen??? inilah mnrt sy mngapa pmrnth mmnta yg msh muda dan yg blm mnkh sbg syrt mnjd ggd. thx

    ReplyDelete
  55. Kapan KEbijakan berpihak kepada guru honorer yang sudah mengabdi lama & usianya dh ga muda lagi, aduh teng-teingen ay,.,.,

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Usia maks 27 th ya, klo 27 lewat 2 bulan, apakah sudah tidak bisa ikut program ini lagi?

    ReplyDelete