Alhamdulillah Draf PP Sudah Rampung, Mulai 2018 Gaji Pokok Tertinggi PNS Rp 14,3 Juta


Beritapns.com-Assalamualaikum wr..wb
Salam sejahtera buat kita semua.

Informasi terbaru kami hadirkan untuk sobat semua mengenai Draf PP Sistem penggajian dan Tunjangan PNS yang pada tahun 2018 akan diberlakukan sehingga Gaji Pokok PNS akan menjadi 14, 3 juta Rupiah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi sudah merampungkan draf peraturan pemerintah (PP) tentang sistem gaji dan tunjangan untuk pegawai negeri sipil. Rencananya, sistem penggajian baru ini akan efektif berlaku mulai 2018.
Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, saat ini draf rancangan PP tersebut dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.
"Kami harapkan September depan sudah selesai dan berlaku mulai tahun anggaran 2018," kata dia kepada Beritapns.com.
Sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri dari tiga komponen, yakni gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. Untuk gaji pokok, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran gaji terendah PNS dan gaji tertinggi PNS.
Gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya. Saat ini, rasio gaji pokok yang berlaku mencapai 1:3,7. Contohnya, jika gaji pokok terendah PNS sekitar Rp 1,2 juta, gaji pokok tertinggi sebesar Rp 4,44 juta.
Ke depan, rasionya naik menjadi 1:11,9 sehingga gaji pokok tertinggi bisa melonjak Rp 14,3 juta. Penerapan sistem gaji baru akan dilakukan pada 2018 lantaran pemerintah membutuhkan persiapan untuk sosialiasi ke seluruh daerah sekaligus persiapan anggarannya di daerah.
Setiawan menjamin sistem baru ini tidak akan menaikkan porsi belanja pegawai yang jumlahnya kini sudah mencapai sekitar Rp 270 triliun per tahun.
Terkait pemberian manfaat bagi para pensiunan PNS, "calon beleid" ini belum memiliki ketentuan yang jelas agar tidak merugikan PNS dan negara. "Kontribusi yang dibayar negara masih perlu dihitung dan diharmonisasi lagi," kata Setiawan.
Sumber: kompas.com
Demikian informasi ini semoga benar adanya dan segera direalisasikan agar taraf hidup PNS semakin sejahtera Amiin.

18 Responses to "Alhamdulillah Draf PP Sudah Rampung, Mulai 2018 Gaji Pokok Tertinggi PNS Rp 14,3 Juta"

  1. lala mulu ba tunggu kabar yang tak pasti...

    ReplyDelete
  2. Oh begitu...!!! tapi yang jelas berita seperti ini bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan ??? kami akan percaya jika yang berbicara dari pihak pejabat pemerintahan terkait serta bukti pendukung adanya Peraturan apaemerintah yang Pasti.wassallam

    ReplyDelete
  3. Jangan percaya dulu sebab, terkecuali pihak pejabat penmerintah yang yang langsung berbicara...!!! jangan" hanya jargon saja.

    ReplyDelete
  4. Percaya, tidak, percaya, tidak, percaya, tidak, percaya, (TIDAK PERCAYA)

    ReplyDelete
  5. Gaji PNS naik sering2 hanya dikaitkan dengan politik, tujuannya menggaet suara PNS dan keluarganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semga saja tidak ada unsur plitik dari pemerintah dalam menaikan Gaji PNS tahun 2018 nantinya

      Delete
  6. Sudah saat nya ASN gajinya dinaikkan melihat kebutuhan Hidup yang makin meningkat dari tahun ke tahun sedangkan gaji yg ada tidak ada kenaikkan coba bayangkan sungguh sangat tidak seimbang

    ReplyDelete
  7. Bagaimana mengenai gaji pensiunan?

    ReplyDelete
  8. Klo gkwdi ujudkan.. Dosa lho...

    ReplyDelete
  9. Smoga smuanya menjadi kenyataan... Amin...

    ReplyDelete
  10. SAYA MERASAKAN SEMENJAK PEMERINTAHAN REZIM JOKOWI GAJI PNS TIDAK PERNAH NAIK DAN SEDANG IMFLASI TETAB ADA.
    SEMENTARA HUTANG DI BANK UDAH BANYAK.
    SEDANG KEBIJAKAN YG AKAN DI LAKUKAN SANGAT MEMOJOKKAN PNS YG GOLONGAN RENDAH.PERBEDAAN GAJI AKAN SEMAKIN BESAR.
    SEMUA KEBIJAKAN HANYA AKAN MEMISKINKAN PNS GOLONGAN RENDAH.ARTINYA MEMISKINKAN RAKYAT.
    BUKANKANKAH PNS GOLONGAN RENDAHLAH YG AKAN BERSENTUHAN LANGSUNG DG RAKYAT.
    TENYATA PEMIMPIN YG MATANYA TERANG HATINYA GELAB.SEDANG PEMIMPIN YG BUTA MATANYA HATINYA TERANG DAN PUNYA PANDANGAN YG SANGAT BAIK BAGI KESEJAH TERAAN PNS.DAN TENTU SAJA AKAN MENAMBAH KESEJAH TERAAN BAGI SEMUA KALANGAN MASARAKAT.
    INI ADALAH KENYATAAN YG AKU RASAKAN JIKA MAU JUJUR TANYA PADA HATI KITA MASING MASING.DIMANA PENGHARGAAN TERHADAB JASA MEREKA YG UDAH LAMA MENGABDIKAN DIRI KEPADA NEGARA.
    DAN SEBAIKNYA KITA KEMBALI PADA UUD 45.KARNA UU YG SUDAH SEKIAN KALI REVISI KALIMATNYA LEMAH SEOLAH SENGAJA DI BIKIN CELA UNTUK BERBUAT CURANG.HARGAILAH BUNGKARNO DAN BUNGHATA SEBAGAI BAPAK PROKLAMATOR DAN PARA PEJUANG LAI.TANPA MEREKA KITA BUKAN APA APA.

    ReplyDelete
  11. Semenjak pemerintahan jokowi gaji PNS tidak pernah naik sedang inflasi tetab.kenaikan gaji 2018 makin mempertajam perbedaan.hanya akan menindas PNS yg golongan rendah.kok jauh banagat perbedaan pola pikir.pemimpin sekarang.sedang Gusdur yg buta matanya ternyata memiliki pola pikir yg cemerlang dan pro rakyat yg memperkecil perbedaan antara yg golongan rendah dan golongan yg tinggi.dan sangat besar perhatiannya pada PNS.
    ngak usah di jawab cukub di jwab dg tindakan nyata.

    ReplyDelete
  12. Saya sangat sedih dg kebijakan mempertajam.perbedaan Gaji antara golongan PNS yg golongan tinggi dan rendah.

    ReplyDelete
  13. Kalau seperti kebijakan seperti di diatas sebaiknya ngak usah dinaikkan gaji PNS

    ReplyDelete
  14. Terserah Pemerintah Pak Presiden Joko Widodo Mau di bawa kemana PNS dibayar setiap bulan lima Puluh Juta Ok,Pensiun di bayar Tunai Lima milyar Ok Deeh yang jelas dan pasti jangan tanya uang dari mana Terima kasi Pa Presiden Joko Widodo, salam sukem

    ReplyDelete
  15. Ralat min.bukan 1 januari 2018 tp 2019 pemberlakuan gaji baru menurut rpp gaji asn terbaru.

    ReplyDelete