Alhamdulillah, TPG Akan Dibayarkan Tiap Bulan Bersama Gaji Guru


BERITAPNS.COM- Pencairan tunjangan Profesi Guru (TPG) biasanya dilakukan pertriwulan sekali, namun kali sedang diusulkan dibayarkan perbulan melekat bersama gaji pokok Guru penerima TPG. hal ini bertujuan untuk mengurangi masalah yang sering terjadi seperti keterlambatan pencairan TPG di daerah.

Sistem pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) seharusnya tidak dilakukan terpisah dengan gaji pokok guru. Penyatuan sistem pembayaran TPG dengan gaji, dinilai akan menjadi solusi dari permasalahan yang muncul selama ini terkait pembayaran TPG.

Hal tersebut diutarakan Plt. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rasyidi. Dia menuturkan, pihaknya menilai aturan terkait TPG selama ini terlalu rumit dan berbelit-belit sehingga seringkali malah merugikan bagi guru.

"Kenapa tunjangan profesi dosen mengalir lancar, karena melekat pada gaji. Kenapa guru sistemnya (pembayaran TPG-red) berbeda, hal ini yang sedang terus kami suarakan pada Kemendikbud," ujarnya ketika ditemui seusai acara Dialog Pendidikan "Memajukan Pendidikan Nasional dan Peningkatan Peran PGRI di Tengah Perubahan", di Gedung PB PGRI, Jakarta, Jumat, 27 Mei 2016.

Unifah menuturkan, pembayaran TPG yang dilakukan per triwulan tersebut kerap tersendat di daerah. Mulai dari tertunda oleh pemerintah daerah karena berbagai kendala, hingga sejumlah guru yang bahkan akhirnya tidak bisa mendapatkan tunjangan profesinya.

Unifah mengakui, pihaknya memahami bahwa mekanisme pembayaran TPG merupakan tanggung jawab pemerintah daerah. Namun menurut dia, Kemendikbud sangat berperan besar untuk dapat memberikan solusi dalam hal teknis peraturan mekanisme pembayaran TPG agar tidak merugikan guru.

Dengan disatukannya TPG bersama gaji pokok, menurut dia, guru akan lebih tenang dan tidak terganggu dengan permasalahan pembayaran tunjangan.(Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com)

Semoga saja ini segera dilakukan sehingga para guru penerima TPG dapat menikmatinya setiap bulan.

6 Responses to "Alhamdulillah, TPG Akan Dibayarkan Tiap Bulan Bersama Gaji Guru"

  1. ditambah lagi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan hal-hal yang menghambat kelancaran setifikasi ya...baiknya disatukan aja beres dah tu.....setuju.

    ReplyDelete
  2. Benar...lbh baik dilekatkan di gaji soalnya sering kali permasalahn muncul krn aturan dr masing2 daerah berbeda berkaitan dng pancairan sertfkasi...😢😢😢bahkan ada yg tdk bs cair hanya karena masalah kecil yg seprtinya mengada2 n terkesan mempersulit guru mendapatkan hak.nya...

    ReplyDelete
  3. Kami sangat mengharapkan pembayaran sertifikasi guru melekat pada gaji pokok segera terwujud, jadi tidak ada lagi pungli dan dokter sunat

    ReplyDelete
  4. Setuju pembayaran sertifikasi melekat digaji, sehingga tidak ada ladi pungli. Kalau begini terus susah mau maju indonesia setiap langkah pasti ada kepentingan pribadi atau kelompok yg diutamakan.

    ReplyDelete