Turunkan Belanja Pegawai: Pemerintah Siapkan Rasionalisasi Gaji & Tunjangan PNS (Turun Gaji)


Assalamualaikum wr..wb
Salam sejahtera buat kita semua.

kabar rasionalisasi PNS semakin santar terdengar di Media Sosial, bahkan tidak hanya Jumlah PNS yang akan dikurangi, lebih parah pemerintah mengatakan belanja pengawai sangat besar sehingga gaji dan Tunjangan PNS akan diturunkan. Simak berita selenkapnya....

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menargetkan penurunan belanja pegawai secara nasional dari 33 persen menjadi 28 persen dari total APBN/APBD Rp 2.093 triliun.

Begitu pula dengan jumlah PNS, akan dikurangi dari 4,093 juta orang menjadi menjadi 3,5 juta orang PNS.

Meski demikian, masih ada masalah klasik baik di pusat maupun daerah. Salah satunya, APBN/APBD mayoritas masih digunakan untuk belanja pegawai ketimbang belanja modal.

“Pengendalian jumlah pegawai dan pendistribuannya belum sesuai arah pembangunan dan kebutuhan organisasi birokrasi,” kata Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja, Jumat (4/3/2016).


Terhadap masalah ini, Setiawan menambahkan, pihaknya mempunyai dua alternatif dalam upaya rasionalisasi belanja pegawai. Yaitu, Menurunkan Gaji danTunjangan PNS, atau menurunkan jumlah pegawai sebanyak sejuta orang.

“Meski belum ada keputusan mengambil alternatif penyelesaian‎ rasionalisasi PNS, namun pemerintah lebih condong kepada pengurangan sejuta PNS. 

Apa alasannya? 
Kalau gaji dan tunjangan dinaikkan, akan banyak pertentangan di pusat maupun daerah,” jelasnya.


Semoga saja kebijakan ini dikaji benar-benar karena ini akan sangat merugikan bagi PNS dan akan membuat resah seluruh PNS diseluruh indonesia

0 Response to "Turunkan Belanja Pegawai: Pemerintah Siapkan Rasionalisasi Gaji & Tunjangan PNS (Turun Gaji)"

Post a Comment