Aturan Baru!!! Mulai April PNS Masuk Pukul 07.30 WIB, Istirahat Dihilangkan


Beritapns.com- Apa kabar sobat beritapns.com?

Berikut ini informasi yang akan kami bagikan terkait peraturanterbaru dari Pemkot solo yang mewajibkan PNSnya harus Masuk jam 7.30 dan jam istrihat dihilangkan.

Pemkot Solo akan menerapkan aturan baru jam kerja bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai April mendatang. Saat ini, aturan jam kerja PNS tersebut tengah dimatangkan tim Pemkot.
Informasi yang dihimpun Solopos.com, tim Pemkot mematangkan rencana perubahan jam masuk kerja PNS menjadi pukul 07.30 WIB atau mundur setengah jam dari pukul 07.00 WIB. Sebelumnya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) mewacanakan jam masuk PNS pukul 08.00 WIB.
Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Rakhmat Sutomo mengakui jika jam masuk kerja PNS idealnya pukul 07.30 WIB, karena mempertimbangkan jam pulang PNS. Namun hal itu masih dikaji oleh tim Pemkot. “Kalau diberlakukan jam masuk kerja pukul 08.00 WIB, jam pulang PNS bisa sampai pukul 17.00 WIB. Menurut saya itu terlalu sore,” ujarnya ketika dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (10/3/2016).
Selain pengaturan jam masuk maupun jam pulang kerja, menurut Rakhmat jam istirahat PNS juga perlu dikaji kembali. Rakhmat akan mengusulkan jam istirahat dihilangkan. Nantinya jam istirihat untuk makan siang atau menunaikan ibadah salat bagi pegawai muslim akan diatur secara bergantian oleh PNS di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Selama ini jam istirahat PNS yakni Senin-Kamis pukul 12.00 WIB- 12.30 WIB. “Saya rasa kalau selang seling [bergantian] tak masalah, karena di Provinsi saja juga tak diberlakukan jam istirahat,” katanya.
Setidaknya, Rakhmat mengatakan tidak adanya jam istirahat bagi pegawai bisa mempersingkat jam kerja PNS setiap harinya. Jika PNS masuk kerja pukul 07.30 WIB, jam pulang PNS bisa tidak berubah yakni tetap pukul 16.00 WIB. Rakhmat mengatakan pengaturan jam kerja PNS akan dikoordinasikan dengan Dishubkominfo dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Pengaturan jam kerja dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas terutama saat pagi hari.
“Saat ini rencana pengaturan jam kerja masih terus kita bahas. Rencana April aturan baru jam kerja sudah diterapkan,” kata Rakhmat.
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Hari Prihatno mengatakan masih mengkaji jam kerja PNS bersama tim SKPD terkait lainnya.  Berdasarkan data BKD, saat ini PNS non guru di lingkungan Pemkot bekerja pukul 07.00-16.00 WIB pada Senin-Kamis. Sedangkan Jumat pukul 07.00-11.00 WIB. Pemkot menerapkan lima hari kerja, yakni Senin-Jumat dengan waktu istirahat selama 30 menit. (Solopos.com)
Demikian informasi ini, dapatkan informasi terbaru dari BERITAPNS.COM setiap harinya dengan like fanspage facebook kami.

1 Response to "Aturan Baru!!! Mulai April PNS Masuk Pukul 07.30 WIB, Istirahat Dihilangkan"

  1. menjadi PNS yang disiplin itu maksudnya bukan berhenti jadi manusia toh? semakin minim komunikasi langsung antara suami-istri dengan anaknya tanpa jam istirahat. yang ada tinggal waktu malam yang belum tentu berkualitas. apalagi kalau suami dan istri sama-sama PNS.

    ReplyDelete