PNS Menanti Tahun 2018, Gaji PNS Direncanakan 14 Juta Perbulannya



Assalamualaikum wr..wb
Salam sejahtera buat kita semua, 

Informasi kali ini terkait Sistem penggajian terbaru PNS yang lagi direncanakan pemerintah dan mudah-mudahan tahun 2018 sistem penggajian baru ini  berlaku dan Gaji PNS naik menjadi 14 juta perbulan.


Kemenko Polhukam mendukung penuh usulan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil sebesar Rp 14 juta pada tahun 2018 nanti.
"Diharapkan dengan adanya kenaikan gaji tentunya harus diimbangi dengan kinerja yang lebih baik lagi," ujar Deputi VII Menko Polhukam Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur) Marsda TNI Agus Barnas, Selasa (20/10).
Dalam mengimbangi kinerja PNS, sambung Agus, Kemenko Polhukam, akan mengikuti standar yang diberikan oleh program reformasi birokrasi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi sudah merampungkan draf peraturan pemerintah (PP) tentang sistem gaji dan tunjangan untuk pegawai negeri sipil. Rencananya, sistem penggajian baru ini akan efektif berlaku mulai 2018.

Sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri dari tiga komponen, yakni gaji pokok,tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. Untuk gaji pokok, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran gaji terendah PNS dan gaji tertinggi PNS. 

Gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya. Saat ini, rasio gaji pokok yang berlaku mencapai 1:3,7. Contohnya, jika gaji pokok terendah PNS sekitar Rp 1,2 juta, gaji pokok tertinggi sebesar Rp 4,44 juta.

Ke depan, rasionya naik menjadi 1:11,9 sehingga gaji pokok tertinggi bisa melonjak Rp 14,3 juta. Penerapan sistem gaji baru akan dilakukan pada 2018 lantaran pemerintah membutuhkan persiapan untuk sosialiasi ke seluruh daerah sekaligus persiapan anggarannya di daerah.
(Sumber : www.republika.co.id)

Demikian berita ini semoga benar-benar terealiasi pada tahun 2018, dan kesejahteraan PNS semakin meningkat seiring dengan perbaikan kinerja birokrasi saat ini.

Wassalam...!!!Beritapns.com

110 Responses to "PNS Menanti Tahun 2018, Gaji PNS Direncanakan 14 Juta Perbulannya"

  1. PNS dijadikan outsourcing semua saja..etos kerja PNS berubah kalo mereka dijadikan seperti pegawai swasta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sirik amet lo, kenaikan gaji aja smpe skrg blm realisasi. km pikir smua pns d indo ini hidup sejahtera??!!

      Delete
    2. ia sirik tuh orang, PNS itu hidup nya masih bnyak yg susah, jangan di liat garis besar nya,

      Delete
    3. Lu pengen jadi PNS tapi gak kesampean ya. Gkgkgk

      Delete
    4. PNS yang sejahtera itu hanya pejabat, banyak PNS yang hidupnya pas-pasan

      Delete
    5. Semua sudah di garis tangan. Yang Maha Kuasa sudah menentukan nasib seseorang.

      Delete
  2. Wow !! 14 juta itu gede lho, tapi kalau harga barang naik juga, tetep aja, lah kalo misal harga beras tahun 2018 naik jadi 50 000/kilo, telor jadi 30 000/kilo, baso 1 mangkok paling murah di kota saya 6 000/mangkok terus jadi 24 000/mangkok, dll harga barang/jasa ikutan naik, maka 14 juta tuh gak ada apa2 nya, apalagi ini gaji tertinggi, bagaimana dengan yg dapat gaji dibawah 14 jt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya. Baca dulu peraturannya. Kan ga semua dapat segitu. Paling yg jabatannya eselon 3,keatas

      Delete
    2. iya tapi itu kan tetap pasti yg di bebanin rakyat.. PNS itu siapa yg gajih klu bukan rakyat

      Delete
    3. Iya pas lo di posisi rakyat ngmng gtu kan?trs kalo lo PNS lo msh ngmng gtu ga ya kira2.?kdng jg sking frustasinya orng ngmng gtu...gmnapun negara ini pnya sistem...apa yg dihasilkan dan apa biaya/belanja yg harus dikeluarkan...kira2 kya gtu bos.

      Delete
    4. sebenarnya tanpa ada kenaikan gaji inflasi tetap ada tiap tahun, adanya kenaikan inflasi ini membuat harga barang juga semakin naik, jadi jangan salahkan Gaji PNS aja yng menjadi pemicu kenaikan harga sembako

      Delete
  3. premium kalau 50 rb percuma wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga mungkinlah,, kenaikan gaji pns tiap daerah juga beda mungkin 14 juta itu hanya akan berlaku di daerah DKI saja hehehhe

      Delete
  4. PHP (pemberi harapan palsu) katanya 2015,,,2016,,,2017 sekarang 2018....wuadehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nanti dijanjikan apabila terpilih lagi ehh setelah terpilih dipaparkan lagi

      Delete
    2. semoga benar terjadi,,, aminkan saja kalo Gaji PNS tahun 2018 naik kan yang untung pns itu sendiri

      Delete
  5. biasalah...pns..itu adalah..penerima harapan palsu..ha...ha...ha..ha..hancur dunia persilatan.

    ReplyDelete
  6. Asal jangan OMDONG(omong doank aj..)mg bnrn

    ReplyDelete
  7. Asalkan kinererja baik, profesional.tidak makan sogokan dan menyogok.tidak menyusahkan rakyat bagi pns yg berhubungan dengan rakyat jelata. Adil dan jujur

    ReplyDelete
  8. kan tahun depannya pilpres.. ntar mundur lagi 2019.. begitu menang lagi.. Gigit jari xixixixi
    PHP

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja rezim jokowi menepati janjinya,,, soalnya PHP tidak nya kan belum terjadi

      Delete
  9. Wacana n wacana... gda ujung pangkalnya,... gaji pns 2 jt aja udh kudu d phk mulu.. plgi 14jt

    ReplyDelete
  10. Sebetulnya bukan besar kecilnya gaji tetapi terjangkaunya daya beli PNS. Contoh di dekade tahun 1970 an gaji PNS dengan status capeg sendiri gol. II/A bergaji Rp. 10.300,- (sepuluh ribu tiga ratus rupiah. Ansuran rumah (perumnas) t 21 senilai Rp 8.500,- (delapan ribu lima ratus rupish) sisany cukup untuk kebutuhan hidup minimal sebulan. Sekarang status sama gaji Rp. 1.640.000,- (satu juta enam ratus empat puluh ribu rupiah). Coba untuk memenuhi kebutuhan seperti di atas coba pikirkan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuju...yg penting daya beli si pns itu yg hrs dipertanyakan & diperhitungkan oleh pemerintah. kl cm buat nutup doang sm aja nmnya...kapan sejahteranya tuh si PNS kelas bawahnya (jg gol 3 yg prakteknya cm pesuruh). hbs buat bayar hutang sana sini utk hidup tiap bulannya...

      Delete
    2. Apa lagi di krus emas, Th. 1977, gaji Rp. 10.300,- hampir dapat 7 gram emas 24 karat Rp. 1.500,-/gram. Baru setelah Kenop (Keputusan Nopember) 1977 emas Rp. 2.000,-/gram dan gaji menjadi 13.600,- jadi juga hampir 7 gram juga.
      Ongkos kereta ekonomi Gambir - Yogyakarta Rp. 1.250,- kalau bis ekonomi rata-rata Rp. 1.300,- Gaji hanya Rp. 13.600,- Sekarang ...?

      Delete
    3. kalo menurut saya wajar gaji pns tetap naik tiap tahun karena inflasi terus naik kan?,,

      Delete
  11. itu kan gaji golongan pejabat tertinggi, kalau PNS rendahan gaji pokoknya malahan turun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judulnya yang provokativ. Padahal gaji PNS bawahan malah turun.

      Delete
    2. kok turun , kan sudah diatur pada pp no 30 tahun 2015 tentang gaji PNS terbaru,,disana sudah ada gaji per golongan ,, bagaimana daerah saudara menurunkan sepihak?

      Delete
  12. Kita liat aja apa benar atau tdk? Smoga aja pemerintah punya hati nurani n bisa merevisi UU yg ad shingga gaji sesuai dgn apa yg d publikasikan. Gaji naik, pajak juga naik kali ya? Harga barang mgkn naik juga......

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju...kita lihat saja ombdo apa benar niat utk menyejahterakan PNSnya....

      Delete
  13. Setuju tp apa harga barang juga ikutan naik ya?

    ReplyDelete
  14. Yg menjadi permasalahan utama adalah sistem yg ADIL. Percuma sj gaji dinaikkan, kalo sistem penggajiannya TIDAK ADIL. Yg serius kerja penghasilannya jauh lbh sedikit dibandingkan yg leha2 hanya krn faktor punya Jabatan Fungsional atau tidak. Justru yg dinaikkan adalah gaji pegawai yg berKinerja bedasar pd tingkat bobot kinerja BUKAN dinaikkan berdasar pd tingkat jabatan Fungsional. Krn sistem penilaian di instansi2 pemr msh melihat hitam di atas putih semata, bukan realitas di lapangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kita akan lebih setuju kalo besaran Gaji PNStergantung dari hasil evaluasi kinerja PNS.jadi PNS berkinerja rendah Gajinya akan dikurangi sehingga mereka akan berusaha meningkatkan kinerjanya.

      Delete
  15. silakan bikin gap yg lebih besar dengan swasta . kja-abdulghoni.com

    ReplyDelete
  16. Lantak la..yang jelas kota internet habis untuk membace... Namenye dunia maye...suai..

    ReplyDelete
  17. waaawww PNS naek gaji...
    HONORER difikirkan tidak..sementara jam kerja dan tanggung jawab 99,99% sama.. honorer hanya di beri upah 400rb/bln tupun d trma 3 bln sekali.. apa itu kebijakan pemerintah.. tolong dong fikirkan nasib HONORER

    ReplyDelete
  18. pemerintah sekarang sdh pada gk waras. bukan menciptakan ekonomi yg labih baik lg. ne malah hambur2 uang rakyat. pns tdk minta kenaikan gaji. tapi yg minta naik gaji tu buruh... jd lebih harus buruh yg diperhatikan.

    ReplyDelete
  19. Berapapun gajinya, itu adalah resiko ketika sdh memutuskan untuk menjadi abdi negara, di syukuri sj, Krn ad ibadah d balik pekerjaan kita, naik Alhamdulillah, jk PHP, mnt sj pd Allah yg g nah PHP Indonesia kita.....semangat yuk abdi negara..��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat setuju, tapi kalo ada kenaikan Gaji alhamdulillah hehhehe

      Delete
  20. bisa aja sih kaya gitu, tapi.. bukan pulau lagi yg kejual, tapi.. negara gan.

    ReplyDelete
  21. Alhmdllh rame, yg pst yg tidak ditulis adalah thn 2018 gaji terkecil tetap 1,2 jt. Yg 14 jt sdh rahasia umum untuk siapa. Silahkan tanya ahli matematika dgn perbandingan di atas. Terakhir, teruntuk sahabat dan saudara2ku yg mnjd tnaga HONORER jngn mau gj 400 rb, beralihlah mnjdi pekerja konvensional atau ikut tes PNS, dijamin gaji bisa perbulan dan mendapat UMR, insya Alloh lebih baik...

    ReplyDelete
  22. semoga benar-benar terealisasi untuk semua PNS ...

    ReplyDelete
  23. amin, semoga benar adanya ......

    ReplyDelete
  24. HANYA FLASHBACK.
    SEKARANG GAJI PNS DINAIKKAN TERUS DAN TERUS
    AKAN TETAPI GURU DAN PEGAWAI SWASTA SEAKAN DIANAK TIRIKAN DAN MEMBABIBUTA TENTANG KEKURANGAN DIWILAYAH TERPENCIL DAN KEKURANGAN.
    INIKAH YANG DINAMAKAN DEMOKRASI, ADIL DAN MAKMUR
    ???????????
    INDONESIA PERLU INTROPEKSI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow ada istilah GURU DIANAKTIRIKAN, bukannya kebalik tuh...rata2 guru skrg dah dapet sertifikasi (masuk siang pulang siang tpi gaji double)

      Delete
    2. alaaa ... jangan percaya dulu.... uang dari manaaa negara ini, banyaak utaang ko, itumah politiiik ...broo

      Delete
    3. betul tuh, rakyat indonesia bukan cuma pns, gaji 4 juta itu lebih dari cukup , sisanya untuk kesejahteraan rakyat

      Delete
  25. MOHON SEKALI LAGI KITA FLASHBACK
    INIKAH YANG NAMANYA DEMOKRASI, ADIL DAN MAKMUR
    MASIH BANYAK DI NEGARA KITA YANG KEKURANGAN DAN MIRIS
    APA INI YANG DINAMAKAN INDONESIA SEJAHTRA???
    KALAU IYA, JANGAN SALAHKAN RAKYAT JIKA INGIN MEMBUAT NEGARA SENDIRI.

    ReplyDelete
  26. Kesenjangan sosial.
    Pemerintah cuma mikirin naekin gaji PNS yg merupakan diri mereka sendiri

    ReplyDelete
  27. Mudah2an klu PNS sejahtera tidak melakukan korupsi begitu juga aparat penegak hukum dll

    ReplyDelete
  28. banyaknya wacana membuat harga barang2 dipasar naik terus

    ReplyDelete
  29. Setuju dgn wacana diatas, tapi sebaiknya dibarengi dgn wacana hukum yg keras terhadap para koruptor..

    ReplyDelete
  30. alhamdulillah kalo naik...secara sdh 2thn kagak naik tuh gapok...
    tapi itu 14 jeti kan maksimal...trs minimal brpa? mudah2an tetep di atas angka inflasi.

    ReplyDelete
  31. Seperti apa sih nilai 14juta di 2018???
    Di mana2 para PNS selalu komplain dg gaji,,ya karena mmg tdk sesuai dg kond.ekonomi yg skrg serba mahal
    Tolong evaluasi lg kesejahteraan PNS terutama buat para perawat yg resiko kerjanya sangat tinggi
    Tks

    ReplyDelete
  32. klo bisa gaji disesuaikan dgn beban kerja dari pekerjaan pns tersebut.

    ReplyDelete
  33. Niat baik pemerintah bukannya didoakan malah diributin dan di ejek,kalau gitu ya mudah2an ga jadi aja deh

    ReplyDelete
  34. Gaji guru masih jauh ketinggalan dibandingkan dengan negara2 singapura, malaysia, brunai dan thailand karena disana guru sangat dihargai sedangkan kita hanya diberi julukan pahlawan tanpa tanda jasa. Contoh di singapura gaji guru mencapai 50 jt rupiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu pindah aja Sono je Singapura

      Delete
  35. Wah... Tenaga honorer di korbankan 2017 untuk kenaikan gaji PNS 2018,

    ReplyDelete
  36. tidak mungkin gaji PNS naik sebesar itu dari mana duitnya, sedangkan DAU ke daerah saja ditunda sampai keuangan negara memungkinkan, negara diambang kebangkrutan

    ReplyDelete
  37. ayo pns, kerja yg bener dulu, baru minta haknya

    ReplyDelete
  38. Mudah 2an terealisasi,,,,karena di luar negeri kesejahteraan pns lebih bagus,sehingga kinerja mereka ikut bagus dan sangat bermanfaat agar pns tidak korupsi dan pungli sana sini,,,

    ReplyDelete
  39. Duit utang hoiii nggo bancakan hehehe

    ReplyDelete
  40. Jgan gmpang percaya bro... akan adanya kenaikan gaji di tahun 2018 itu smua cman janji politik.... Habis manis sepah di buang,, janji mulok2 kenyataannya 0

    ReplyDelete
  41. Pns naik gaji. Honorer kebakaran jenggot

    ReplyDelete
  42. mikir ja yamg jelas..yang gk jlas ngapain di pikirin....


    ReplyDelete
  43. Ya Mudaha-mudahan bukan hanya sekedar informasi tapi harus terealisai. mediatoh.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja nanti di tahun 2018 pemerintah benar-benar menganggarkan kenaikan Gaji PNS

      Delete
  44. Klo hitungannya dari kinerja.. kita staf kecil dari skpd yg ga sibuk brapa gajinya y? Soalnya klo ada kegiatan, bos2 di atas maunya kerja sendiri2 ga ngajak2 bawahan.. gimana solusinya y..?? 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. memnag kita tidak bisa pungkiri dinegara kita kalo ga dekat sama atasan susah bisa ikut kegiatan, atau acara2 yang bisa dapet honor tambahan buat PNS

      Delete
  45. Klo hitungannya dari kinerja.. kita staf kecil dari skpd yg ga sibuk brapa gajinya y? Soalnya klo ada kegiatan, bos2 di atas maunya kerja sendiri2 ga ngajak2 bawahan.. gimana solusinya y..?? 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kita ga bisa kasih solusi kalo bawahan,,, soalnya kalo masih belum dikategorikan Korupsi kita ga bisa melaporkannya

      Delete
  46. Semoga saja saya gak di php,,,,,,ya Allah,beri aku kesabaran.....

    ReplyDelete
  47. sebaiknya pns gausah digaji tapi cukupi kebutuhan hidupnya
    tunjangan keluarga 100.000 per hari
    tunjangan pendidikan 100.000 per hari
    uang transport 100.000 per hari
    uang makan 100.000 per hari
    uang sewa rumah 100.000 per hari
    libur cuti bolos ijin gausah dibayar
    pensiun rata2 100.000 perhari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus jusa sarannya,, Tapi itu sangat sulit untuk direalisasikan,, kenaikan Gaji PNS aja sulit di Era Pemerintahan Pak Jokowi.. Semoga saja anggaran Kenaikan gaji PNS tahun 2018 akan ada

      Delete
  48. kalau harga barang mengikuti kenaikan gaji ya orang kecil ya seperti tercekik lehernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih kurang sependapat bahwa kenaikan harga barang adalah imbas dari kenaikan Gaji PNS,walaupun itu bisa berpengaruh persentasenya sangat sedikit karena jumlah PNS di negara kita masih dikisaran dibawah 10 Persen dari total penduduk Indonesia,,, jadi kenaikan harga barang tergantung dari kondisi ekonomi dan adanya hari-hari besar seperti hari raya , natal dan tahun baru

      Delete
  49. Biasa kabar basih...biasa..kalo dekat pilpres cari suara..nanti beras 2 jt perkarung..habis itu buat lagi kebijakan yg menggerek..tenggorokan..

    ReplyDelete
  50. Gaji pns jadi 14 jt.bnyak pgawai swasta buruh pbrik merana.krna ketimpangan sosial

    ReplyDelete
  51. Ini hanya RPP ,naik 6 % udah mikir 100 kali,..kayaknya ASN fungsional Guru gak ikut naik..

    ReplyDelete
  52. Gaji naik 14 jt th 2018 ,dibayar pakai mata uang YEN " YEN ONOK DUITE, YEN AKU SEK MBOK PILIH DADI MENTTI LAN PRESIDEN " hehehe.....

    ReplyDelete
  53. Biasanya setiap ada kenaikan gaji pns, bahan2 pokok akan naik juga

    ReplyDelete
  54. Negara lgi defisit utang sana sini yakin mau gaji Pns segitu??? Atw cuman angin segar aja jelang Pilpres, suara Pns kan lumayan byk seindonesia

    ReplyDelete
  55. Menuntut gaji tinggi kerja cuman pagi ngopi dan baca koran, coba lihat cara kerja dibawah 50% yang kerjanya baik terutama yg langsung melayani masyarakat. Jika semua dikerjakan swasta pasti lbih baik. cukup pns yang menempati posisi eselon

    ReplyDelete
  56. kalau gaji mau dinaikkan,wajarlah untuk PNS gak gampang loh jdi PNS butuh jadi sukarela dulu,honor dulu....bertahun tahun baru lulus itupun kalau pinter,,,,

    ReplyDelete
  57. BpK presiden RI dan ibu kementerian keuangan yg sy hormati dan su cintai, kalau gaji pns 14 jt perbulan, maka tdk ada kata PNS korupsi,karena kebutuhan pns terpenuhi, kami berharap bpk presiden dan ibu kementerian tetapkan dgn Peraturan pemerintah, perpres dan permen keuangan secepatx, pns sdh rindu akan gai yg besar.

    ReplyDelete
  58. saya ngak yakin... kasihan rakyat terbebani terus, ketimbang negara kolaps. yang ada sdh cukup naikkin saja menyesuaikan inflasi.

    ReplyDelete
  59. dah.... nggak usah sampai puluhan juta, di daerah 5 jt sudah trims banget karena saat ini cuma 2,3 jt di tambah tunjangan jadi 3 jutaan. okre.

    ReplyDelete
  60. biasanya klo gaji naik, sanksi disiplin juga naik 2x lipat,,,, klo sya sih, nga mau ngarep muluk2,,

    ReplyDelete
  61. Sekarang aja gaji PNS sudah seperti tabel itu kok, cuman memang belum semua instansi baru beberapa instansi pemerintah aja

    ReplyDelete
  62. PNS pemerintahan banyak yang gak becus emang. Bukannya mengada - ada tapi FAKTA kok, mereka banyak yang tinggal ngopi dan ngerumpi doang, mondar mandir ruangan. Yang kerja ya kerja, yang leha ya leha leha..

    Sebenarnya saya ingin melihat gaji PNS guru, tapi karena gak ada ya, apa boleh buat. Soalnya denger denger gaji guru 3,9juta/ bulan untuk DKI, /3 bulan tunjangan diatas 20juta, dan ada tunjangan lainnya. Hehehe

    Menarik juga, tapi saya lebih suka jadi dosen. Trims :)

    ReplyDelete
  63. Sebenarnya saya kesini karena ingin melihat gaji guru, apa benar guru PNS itu gaji khusus untuk wilayah DKI 3,9juta + tunjangan 20juta / bulan. Kalau benar menarik sekali ya, tapi saya sekedar ingin tahu saja, karena saya sendiri lebih tertarik menjadi Dosen :)

    ReplyDelete
  64. saya setuju banget, dengan adanya kenaikan gajih PNS sampai 14 jutaan, tetapi tolong kalau sdh di realisasikan khususnya para PEJABAT / para ATASAN jangan di kasih kebebasan untuk berbisnis dong, masa sdh gajih besar masih juga bisnis di luar, licik namanya, sementara yg menjadi bawahan tidak ada di tempat 1 jam sajah sudah di tegur dan di kasih sangsi tidak etis ath

    ReplyDelete
  65. mudah mudahan ajah jadi kenyataan, tetapi tolong para PEJABAT dan PARA ATASAN JANGAN DI KASIH KEBEBASAN UNTUK BER BISNIS DI LUAR Dong, sementara yg jadi bawahan tidak ada di tempat barang 1 jam sajah di kasih sangsi gak etis dong, jangan mentang mentang jadi bos

    ReplyDelete