Tahun 2016 Sertifikasi Guru Resmi Berubah Menjadi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Berikut Ketentuannya...


Assalamualaikum wr..wb
Salam Sejahtera Buat kita semua.  

Sertifikasi guru  sebagai acuan bagi guru untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi yang sangat didambkan oleh seluruh guru di Indonesia.Bagaimana tidak tunjangan sertifikasi guru besarannya tidak maen-maen bisa setara satu kali gaji Pokok baik itu guru PNS maupun Non PNS. Oleh karena itu semua guru tanpa terkecuali PNS maupun Non PNS sangat menginginkan Sertifikasi guru ini.

Berdasarkan Pemberitaan dari situs online di Indonesia menyebutkan bahwa Mulai Tahun 2016 ini Pola Sertifikasi guru akan diubah menjadi  Pendidikan Profesi Guru (PPG). Situs resmi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Rokan Hulu melansir berita ini.

Didalam situs ini disebutkan 
"Mulai tahun 2016 nanti pola sertifikasi guru akan digantikan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pola sertifikasi guru yang sebelumnya banyak digunakan adalah melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Rencana kesempatan guru untuk mengikuti sertifikasi melalui pola PLPG akan berakhir pada tahun 2015".
Ini menandakan bahwa Sertifikasi guru yang dulunya menggunakan Pola PLPG akan segera diubah menggunakan Pendidikan Profesi Guru (PLPG). Penggunaan Sistem PLPG untuk Sertifikasi guru sudah berakhir pada tahun 2015. 

Nantinya, penetapan Sistem Pendidikan Profesi guru Ini merupakan syarat wajib bagi Guru untuk menjadi Guru Profesional, dan pemerintah akan menerapkan PPG ini secara menyeluruh dan Tegas.  menagpa demikian? karena Ini merupakan salah upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan terutama para pendidiknya atau guru.

Apa itu Pendidikan Profesi Guru (PPG)?

Mungkin para pembaca berita ini sangat penasaran Bagaimana sistem penerapan PPG sebagai pengganti Sertifikasi guru dengan pola PLPG.

Berikut kami rangkum pola PPG

PPG adalah semacam module pendidikan pra jabatan sebagai sertifikasi profesi jabatan. Program ini dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Mulai tahun 2016 mendatang guru akan dinilai sesuai dengan profesi jabatan yang mereka emban berdasar profesinya sebagai tenaga pendidik profesional.
 
Nantinya,Para guru akan mengikuti PPG selama 1 tahun, setelah itu mendapat gelar “Gr” dan sertifikat pendidik serta pantas menyandang standing guru profesional.

Hal ini berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam peraturan tersebut tenaga pendidik akan dinilai sesuai dengan profesi jabatan mereka. 

Jadi jika disimpulkan pemerintah akan memberikan gaji dan Tunjangan kepada tenaga pendidik Sesuai dengan tingkat profesionalitasnya. Semoga saja sistem baru PPG ini akan menambah profesionalitas sehingga meningkatkan mutu pendidikan tanah air. Disisi lain juga pemerintah tidak hanya memperhatikan kualitas guru saja tapi kesejateraannya juga diperhatikan.

Demikian Artikel mengenai perubahan sistem sertifikasi guru dari PLPG menjadi PPG pada tahun 2016. Jika anda menganggap artikel ini penting silahkan tekan tombol berbagi kami dibawah ini guna kemajuan pendidikan bangsa.

wasalam Editor Beritapns.com

2 Responses to "Tahun 2016 Sertifikasi Guru Resmi Berubah Menjadi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Berikut Ketentuannya..."

  1. Ya..tp kpn? Keburu sy pensiun. Skrg sdh usia 45 blm jg sertifikasi. Bgmn dg biaya anak sy yg akan kuliah 2 th lg? Masak anak hrs cancel kuliah dl. Smua tahu lah sangat berat biaya kuliah, apalg kost. Kpn sy bisa dpt tunj sertifikasi?

    ReplyDelete
  2. PLPG, UKG ... tunjangan... Mohon di struktural jg harus ada ujian semacam ini untuk kelangsungan tunjangan mereka, agar mereka layak tersertifikasi sbg struktural yg berkualitas juga... #smoga didengar menpan... Ammmiiiiinnnn....

    ReplyDelete