OOOHH!!! INI TERNYATA ALASAN PEMANGKASAN 1 JUTA PNS OLEH MENTERI PAN-RB, SEBARKAN!


Assalamualaikum wr..wb
Salam Sejahtera buat kita semua.

Berita kali ini masih terkait berita yang bisa dibilang kotroversi karena #MENPAN-RB #Yuddy  berniat untuk memangkas kurang lebih 1 juta PNS diseluruh indonesia. Tentu ini bukan berita yang mengenakan bagi sobat #PNS karena bukan mau menambah jumlah PNS ini malah mengurangi secara paksa.

Pengurangan jumlah PNS atau dalam bahasa kasarnya #pemangkasanPNS tentu tidak serta merta dilakukan tanpa evaluasi dan pertimbangan yang matang dari Kementrian PAN-RB. Evaluasi akan dilakukan selama dua minggu dan nantinya akan dibuat keputusan terhadap Pemangkasan jumlah PNS ini.

Terkait alasan dibalik rencana Pemangkasan PNS ini telah dibeberkan oleh MENPAN-RB Yuddy Chrisnandi kepada tim berita JPNN yang kami lansir sebagai berikut ini.


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) dalam waktu dekat melakukan pengurangan PNS besar-besaran. Setidaknya ada 1 juta PNS yang akan dipangkas alias diberhentikan.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengungkapkan, kementeriannya kini mengkaji rencana pengurangan jumlah PNS.

Jika jadi dilakukan, dia memperkirakan jumlah PNS yang dipangkas bisa mencapai 1 juta orang. ”Mudah-mudahan (kajiannya) selesai dua pekan lagi,” ujarnya.

Ini Alasan Utama Pemangkasan 1 juta PNS

Yuddy menjelaskan, rencana pemangkasan tersebut berkaitan dengan efisiensi belanja negara. Menurut dia, pemangkasan 1 juta PNS akan bisa menghemat anggaran sampai Rp 3 triliun per bulan.

”Bayangkan saja kalau gaji PNS rata-rata Rp 3 juta per bulan plus tunjangan dikali satu juta, kemudian dikali 12 bulan, bisa hemat triliunan itu selama setahun,” bebernya.

Menteri berlatar politikus Partai Hanura itu menambahkan bahwa rencana tersebut segera dilaporkan kepada presiden setelah kajian tuntas.  
”Sementara masih rencana. Nanti kalau sudah ada hasil yang komprehensif, baru kami laporkan,” tutupnya.

Sumber;JPNN.COM

Demikian alasan terkait rencana pemangkasan 1 juta PNS dalam waktu dekan ini semoga bermanfaat.

2 Responses to "OOOHH!!! INI TERNYATA ALASAN PEMANGKASAN 1 JUTA PNS OLEH MENTERI PAN-RB, SEBARKAN!"

  1. Selain kinerja yang memang masih lelet dan kurang bagus sesuai tingkat pelayanannya, juga memang harus dikurangi. Bahkan usulan saya sejak 1994 lau bahwa jumlah PNS ternyata makin tambun sehingga lamban kerjanya. Nah jika jumlah PNS makin berkurang, maka Job Descriptions setiap PNS akan makin bertambah ruang lingkup dan bebannya. Dimana jika sebelumnya sebuah beban kerja dikerjakan katakanlah bisa 5 orang, maka nantinya hanya akan dikerjakan oleh 2 orang saja dengan imbalan Gaji dan Tunjangan makin besar dan Promosi Jabatan tak berebutan yang akhirnya banyak oknum PNS harus berjibaku dengan berbagai sogokan besar, menjilat dan mencari atasannya agar dia yang terpilih dan mengakibatkan fokus PNS akan terpeceah dengan lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri untuk naik pangkat, tenpat basah nan emfuk dan jabatan dan bukannya kepada Pelayanan Publiknya. Untuk itu memang perlu dibuatkan sebuah Blance Score Card layaknya di perusahaan profesional dan bonafid untuk memberlakukan dan mengevaluasi kinerja dan prestasi dari setiap bagian maupun individu karyawannya agar bisa dinilai secara fair dan benar untuk nantinya akan diberi Reward/Hadiah jika kinerjanya bagus dan berprestasi maupun Stick / Hukuman jika kinerjanya jelak dan biasa-2 saja bahkan menurun untuk dievaluasi kinerja, tempat divisi/bagian maupun masalah pribadinya sendiri agar dia di lain kesempatan kinerjanya bisa baik lagi

    ReplyDelete
  2. Saran saya untuk yg berwenang supaya Jabatan2 di pemerintahan di kecilkan maksudnya di rampingkan untuk bagian2 tugas2 kewenangan. Contoh kepala Dinas membawahi semua kepala Bagian ini dan itu. Kepala Bagian membawahi kepala seksi ini dan itu. Selesai. Jangan di tambah2 lagi... kepala seksi membawahi sub seksi ini dan itu.

    ReplyDelete