Kabar Terbaru Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016 dan Gaji Ke-14


Assalamualaikum wr..wb
Salam sejahtera buat sobat pembaca setia Berita PNS.

Informasi yang pada kesempatan ini kami sampaikan masih terkait masalah gaji PNS beserta gaji ke-14 yang baru pertama kali dalam sejarah akan diterima PNS tahun 2016 ini.

Mengenai kenaikan gaji PNS adalah hal yang sangat dinantika oleh PNS diseluruh tanah air. Besaran gaji PNS pda tahun ini masih sama seperti Besaran gaji PNS pada tahun 2015, Namun PNS harus berbahagia karena pemerintah akan memberikan Gaji ke-14 (THR) pada tahun ini.

Seperti yang kami lansir dari CNN Indonesia dan diberitakan kembali oleh sekolahdasar.net bahwa Mulai tahun 2016 pemerintah akan memberikan gaji ke-14 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai ganti atas tidak dinaikkannya gaji PNS. Gaji ke-14 tersebut merupakan tunjangan hari raya (THR) sebesar satu kali gaji pokok.


Menurut Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, kebijakan ditiadakannya kenaikan gaji pokok PNS dan menggantinya dengan THR akan berdampak positif secara jangka panjang terhadap penghasilan yang diterima PNS.



Askolani menjelaskan dengan diberikannya gaji ke-14 atau yang akan dicairkan dalam bentuk THR nantinya, penghasilan bersih atau "take home pay" PNS dalam satu tahun akan jauh lebih meningkat dibandingkan dengan yang diterima pada tahun sebelumnya.

Lebih lanjut  Aslokani menjelaskan jika masih mengandalkan kenaikan gaji, PNS akan tetap mendapat potongan dari biaya Tunjangan Hari Tua (THT) yang dikelola PT Taspen.

Dengan ditiadakannya kenaikan gaji pokok ini juga akan membantu mengurangi beban risiko fiskal pemerintah. Karena, dengan kenaikan gaji pokok, kerap terjadi kekurangan dana iuran kepada PT Taspen. Akibatnya, pemerintah yang menanggung kekurangan dana itu.

"Cost jangka menengahnya jadi lebih ringan dibandingkan dengan memberikan gaji pokok," kata Askolani.

Selain menerima gaji ke-14 sebagai pengganti tidak ada kenaikan gaji, PNS juga akan masih tetap menerima gaji ke 13. Pemberian gaji ke-13 dibayarkan pada bulan Juli sesuai dengan gaji pada bulan sebelumnya.


Jadi para sobat PNS jangan berkecil hari karena pemerintah tidak menaikan gaji anda pada tahun ini,tapi  pemerintah sudah menyiapkan gaji ke13 dan  gaji ke-14 sebagai ganti kenaikan gaji yang tidak ada pada tahun ini. Menurut hemat kami dari TIM beritapns.com ini lebih bagus karena Gaji ke-14 ini tidak akan dipotong dalam taspen sehingga besarannya net (bersih) diterima oleh PNS.


Demikian berita ini kami sampaikan semoga ada manfaatnya, terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa bagikan juga berita ini melalui menu berbagi kami dibawa ini.




3 Responses to "Kabar Terbaru Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016 dan Gaji Ke-14"

  1. Saya lebih suka naik gaji sebenarnya, walau kecil tapi berkesinambungan tiap tahun dan dapat menambah plafon peminjaman di bank..tapi saya selalu tetap dukung dgn keputusan pemerintah..

    ReplyDelete