Info Terbaru Biaya Pendaftaran SBMPTN 2016 Naik Dua Kali Lipat

Assalamualaikum wr..wb
Salam Sejahtera buat kita semua,bagaimana kabar sobat hari ini.

SBMPTN, Siapa yang tidak tahu SBMPTN ini adalah ajang yang ditunggu oleh sobat yang mempunyai putra-putri,sanak saudara yang ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Seperti kita ketahui bersama untuk bisa menjadi mahasiswa PTN yang sangat diidamkan oleh semua kalangan tentu tidak mudah harus melalui seleksi ketat, bersaing dengan ribuan orang untuk lulus pada pilihan jurusan yang diinginkan. 


baru-baru ini pemerintah dalam hal ini Kemenristekdikti telah merilis resmi pembukaan SBMPTN 2016 ini. Namun ada yang menarik pada pelaksanaan SBMPTN tahun ini yaitu biaya pendaftarannya naik 2 kali lipat!!!!.

Seperti yang kami lansir dari jawapos.com bahwa Kemenristekdikti telah mengumumkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Seperti tahun lalu, biaya untuk SNMPTN ditanggung pemerintah alias gratis, sedangkan, SBMPTN, biaya dibebankan kepada calon mahasiswa.
Jika pada tahun lalu setiap peserta SBMPTN hanya dibebankan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000, untuk tahun ini meningkat dua kali lipat menjadi Rp 200.000.
Menristekdikti Mohammad Nasir menerangkan, kenaikan biaya tersebut merupakan salah satu dampak dari pemangkasan anggaran di kementeriannya. 
"Ini juga bukan hanya karena anggaran dari pemerintah terbatas, tetapi memang karena kebutuhan penyelenggaran SBMPTN terus meningkat dari tahun ke tahun," terangnya di Jakarta, Jumat (15/1). 
Tidak hanya itu, lanjut dia, kenaikan tersebut juga ditujukan sebagai bentuk partisipasi masyarakat agar mendukung pendidikan tinggi. 
"Pendidikan tinggi ini merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat. Karenanya perlu peran dan partisipasi masyarakat untuk menanggung beban biaya," pungkas mantan rektor Universitas Diponegoro tersebut.
Di samping itu, selama ini masih banyak peserta yang mendaftar SBMPTN hanya untuk coba-coba. Dengan menaikkan biaya, pria asal Ngawi, Jawa Timur itu berharap para pendaftar SBMPTN akan sungguh-sungguh menjalani tes.
Sementara itu, bagi peserta SBMPTN yang diterima lewat jalur Bidikmisi, biaya pendaftaran tersebut akan dikembalikan. 
"Kalau yang Bidikmisi panitia nanti akan mengembalikan biaya pendaftarannya. Ini agar siswa Bidikmisi bisa ditangani dengan baik," ungkap pria yang kini berusia 55 Tahun itu.
Diketahui, jumlah pendaftar SBMPTN pada 2015 tercatat sebanyak 693.185 pendaftar, 90.686 siswa di antaranya adalah pemohon Bidikmisi. 
Kemenristekdikti juga terus melakukan program sosialisai, terutama di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Sehingga, untuk tahun ini diperkirakan jumlah siswa yang mendaftar SBMPTN akan meningkat menjadi 750.000 pendaftar.
Sumber:jawapos.com
Demikian berita mengenai kenaikan biaya pendaftaran SBMPTN 2016 menjadi 2 kali lipat.

0 Response to "Info Terbaru Biaya Pendaftaran SBMPTN 2016 Naik Dua Kali Lipat"

Post a Comment