Pemerintah Akan Gunakan Merit System, Maka PNS Bisa Naik Pangkat Lebih Mudah


BERITAPNS.COM- Selamat malam sobat beritapns.com, selamat menikmati istirahat malam ini. Kami akan membagikan berita menggembirakan terkait pemerintah yang tengah membahas system baru bagi para PNS khususnya mengenai Kenaikan Pangkat.

Kenaikan Pagkat alias promosi adalah hal yang sangat di damba-dambakan oleh PNS karena gaji PNS akan bertambah seiring kenaikan pangkat tersebut. oleh karena itu jika sistem ini segera disahkan maka kesempatan naik pangkat bagi PNS lebih mudah sangat terbuka lebar.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah menggelar rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Reformasi Birokrasi (RB ) Yuddi Chrisnandi mengenai jenjang karir PNS.

"Kami membahas Merit System (promosi jenjang karir), hal-hal yang berhubungan dengan track record dan masa jabatan PNS khususnya eselon I, II, dan III. Misalnya PNS Aceh bisa naik karir ke Papua atau ke Jakarta," kata Tjahjo di Grand Mercure Ancol, Sabtu (5/12/2015).

Nantinya menurut Tjahjo akan melibatkan panitia seleksi (pansel) untuk promosi bagi PNS. "Contohnya Jokowi jadi Presiden tidak bisa menujuk Dirjen Pajak. Padahal dia bisa. Jadi dengan pansel 
dia bisa menunjuk," tuturnya.

"Dilantik lalu kalau tidak bisa capai target harus mundur. Jadi ada hal-hal yang harus mengikuti proses seleksi. Dengan mekanisme jenjang karier semua bisa terwujud," lanjut Tjahjo.

Jangan sampai proses pilkada serentak ini nanti justru yang diutamakan mendapatkan tim sukses. Hal inilah pentingnya merit sistem ini diberlakukan. Oleh karena itu, PNS harus mendukung setiap kebijakan gubernur, wali kota, dan bupati terpilih. Begitu juga dengan presiden terpilih.

"Makanya dalam rapat kabinet kami sampaikan perlu ada perubahan prosedur, rekruitmen yang banyak menghambat karir PNS dengan baik. Jangan terpaku dengan prosedur. Harus ada percepatan, ada proses sehingga penempatan bisa tepat," ujarnya.

Permasalahan lainnya yang dihadapi ketika Kemendagri mengumpulkan staf ahli gubernur, bupati dan wali kota. Jabatan staf Ahli ini menurut Tjahjo ibarat jabatan buangan.

"Seolah-olah ini posisi buangan padahal masa pensiunnya masih panjang. Kita ingin revisi PP agar jabatan-jabatan ini bisa terkonsolidasi dengan baik," tukasnya.
Hal ini biasa terjadi ketika calon Gubenur atau Bupati dukungannya kalah dalam pemilu kada sehingga mutasi pegawai sering terjadi di daerah -daerah .
(Sumber : okezone.com)

Demikian info mengenai sistem baru yang akan diterapakan pemerintah untuk para PNS di seluruh indonesia sehingga bisa naik pangkat lebih mudah.

0 Response to "Pemerintah Akan Gunakan Merit System, Maka PNS Bisa Naik Pangkat Lebih Mudah"

Post a Comment