Salah Isi Data Dapodik Guru Bisa Tidak Dapat Tunjangan

Berita Guru- Assalamualaikum ..wr..wb dan salam sejahtera.
Info Dapodik

Data guru sangat diperlukan oleh pemerintah untuk mengetahui jumlah Guru yang masih aktif mengajar di seluruh indonesia, dengan adanya data yang lengkap akan memudahkan pemerintah jika akan memberikan tunjangan, pemberian gaji hingga pendataan Guru untuk CPNS K2 misalnya. 

Oleh karena itu sudah kewajiban dan keharusan seorang guru untuk melengkapi datanya sehingga keberadaannya dapat dengan mudah di akses dan diketahui pemerintah. Jadi jangan salahkan pemerintah jika anda tidak masuk dalam radar pemerintah jika ada pemberian Sertifikasi, tunjagan dan sebagainya jika belum mempunyai data yang lengkap atau masih salah.

Memang mengisi data tersebut adalah tugas yang dilakukan Operator sekolah, Namun terkadang kurangnya data yang diberikan oleh guru bisa membuat Operator Sekolah salah dalam menginput data guru tersebut. Jadi untuk menghindari hal tersebut para Guru di minta untuk mengecek kembali data yang sudah masuk di Dapodik sudah benar atau tidak, jika masih salah segera diperbaiki.

Cara mengecek Data guru Di Dapodik?

Untuk cara Mengecek Data guru Didapodik tinggal login di laman Info PTK , Jika bapak ibu guru masih kesulitan silahkan liat cara lengkapnya disini Atau juga bisa menggunakan Tutorialsalamsatudata.web.id.

Nah itu cara untuk mengecek data Guru Di Dapodik melalui laman PTK.

Mari kita kembali kenapa kok guru bisa tidak mendapat tunjangann kalo salah data di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Menurut Ansyarudin Andhin, staf pada Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, bahwa kesalahan data juga menjadi tanggung jawab guru untuk memperbaikinya. “Yang harus disadari oleh guru adalah bahwa tanggung jawab untuk memperbaiki data bukanlah pada operator sekolah,” ujarnya pada saat  di Training of Trainers Sistem Pendataan Dapodik di Hotel Harris Convention Center Bandung, Jawa Barat, Senin, 16 November 2015.

Ansyarudin menambahkan kalau guru akan diberi kesempatan selama enam bulan untuk memperbarui (update) datanya mulai Januari hingga Juni. Jika dalam jangka waktu tersebut guru yang bersangkutan belum melakukan pembaruan data atau terjadi kesalahan pengisian data, maka guru yang bersangkutan tidak mendapatkan tunjangan.
“Enam bulan mereka harusnya bisa melihat datanya dari awal salahnya di mana. Yang terjadi, mereka menyadari kesalahan ketika sudah terlambat,” tegasnya kembali.

Lebih lanjut Ansyarudin menerangkan, Ditjen GTK memiliki sistem validasi data guru. Di dalamnya termuat aturan-aturan dan level validasi. Data yang dimasukkan oleh guru tidak begitu saja diterima sebagai informasi yang benar.

Misalnya, ada guru mengaku mengajar matematika pada sebuah rombongan belajar (rombel) selama 7 jam. Sistem akan mengetahui apakah data tersebut benar atau manipulasi untuk memenuhi jam mengajar 24 jam. “Kalau ketahuan, sistem kita akan langsung memberikan warning,” tegas Ansyarudin.


Demikian Berita yang kami hadirkan kepada Sobat Guru di seluruh indonesia mengenai Apa Akibat yang bisa di timbulkan jika guru salah data yang di input ke Dapodik Oleh Operator sekolah bisa tidak mendapat tunjangan.

Incoming search google
  • Tunjangan Guru 2016
  • Data Guru
  • Dapodik
  • PTK
  • Operator Sekolah
  • Kesalahan data Guru di Dapodik
  • Kenapa Bisa Tidak dapat tunjangan guru
  • Cara Memperbaiki Kesalahan data di Dapodik
  • cara login di Laman PTK

0 Response to "Salah Isi Data Dapodik Guru Bisa Tidak Dapat Tunjangan"

Post a Comment