Benarkah Sertifikasi Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan?

Selamat datang di website Beritapns.com, Assalamualaikum wr wb dan salam sejahtera. Pada kesempatan kali kami akan memeberikan beberapa informasi terkait guru yang hanya mengejar sertifikasi dapat menurunkan kualitas pendidikan.

Simak penjelasan kenapa Sertifikasi dapat Menurunkan kualitas pendidikan dari berbagai pengamat pendidikan berikut:


Sertifikasi untuk para guru dituding sebagai penyebab penurunan kualitas pendidikan nasional. Pasalnya, para guru berlomba-lomba mengejar materi untuk mengejar sertifikasi sehingga mengurangi waktunya dalam mendidik siswa, baik di lingkungan atau luar sekolah.

Menurut pengamat pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM), Slamet Sutrisno, sistem pendidikan nasional membuat kegiatan belajar di sekolah menjadi teralienasi, karena minimnya interaksi antara siswa dan guru di luar jam sekolah.

“Semua ini disebabkan oleh beban birokratisasi administratif, karena itu pengukuran kualitas guru tidak bisa lagi diukur dari nilai yang diperoleh guru dalam program sertifikasi maupun UKG,” kata Slamet yang Beritapns.com kutip dari Berita Satu (25/11/15).

Dalam pelaksanaan ujian kompetesi pun, banyak perkara yang harus diperhatikan misalnya kemampuan guru dalam mengoperasionalkan komputer. Karena itu menurutnya, Kemendiknas harus menciptakan metode pengukuran kualitas guru yang lebih koheren termasuk keterampilan dan inonasi guru.

Sementara itu pengamat pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Wuryadi menyatakan semenjak digulirkannya program sertifikasi guru pada tahun 2007, guru terbelenggu dalam rutinitas yang birokratis. Termasuk juga Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), belum bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.


Demikian berita mengenai Sertifikasi Guru yang di nilai dapat Menghambat atau menurunkan kualitas pendidikan indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap kunjungi website kami iya.

Incoming search Google:

  • sertifikasi guru
  • Sertifikasi Guru 2016
  • Kualitas Pendidikan Indonesia
  • Kenapa Sertifkasi penting

  • Akibat adanya sertifikasi

0 Response to "Benarkah Sertifikasi Penyebab Turunnya Kualitas Pendidikan?"

Post a Comment